Polres Mimika Pastikan Ungkap Korupsi KONI Hingga Tuntas

Bagikan Bagikan
Ilustrasi
SAPA (TIMIKA) -  Kapolres Mimika, AKBP Victor Dean Mackbon, memastikan pihaknya akan tetap mengungkap kasus dugaan korupsi dana hibah dari Pemkab Mimika kepada KONI Mimika. Saat ini, kepolisian masih fokus menangani kasus dugaan korupsi dana Tunjangan Tambahan Penghasilan (TTP) atau yang disebut insentif guru.

“Saat ini kita masih fokus pada dugaan korupsi insentif Guru,” Kata Victor, Kamis (18/5), di Kantor Pelayanan Polres Mimika, Jalan Cenderawasih.

Dikatakan Victor, saat ini untuk kasus dugaan korupsi dana insentif guru yang ditangani pihaknya sudah hampir rampung. Nantinya setelah tersebut rampung, barulah dilanjutkan dengan kasus dugaan korupsi di KONI Mimika.

“Kasus KONI ini masih penyelidikan. Segera kita proses agar tidak jadi tunggakan, agar kasus ini tidak berulang,“ ujarnya.

Sejak awal Maret 2017, penyidik Polres Mimika setidaknya telah memeriksa 30 orang saksi dalam kasus dugaan korupsi di KONI Mimika. Namun hingga sekarang kasus ini masih saja dalam tahap penyelidikan.

Diketahui bahwa, dana hibah dari Pemkab Mimika ke KONI Mimika pada tahun anggaran 2014 dikenal dengan kasus KONI jilid satu dan dua. Pada tahun itu Pemkab Mimika mengucurkan dana sebesar Rp16 miliar. Selanjutnya lagi dana hibah Pemkab Mimika ke KONI pada tahun anggaran 2015 dikenal dengan kasus KONI jilid tiga, Pemkab Mimika mengalokasikan kembali dana hibah senilai Rp8 miliar ke KONI. Namun dari semua penggunaan dana hibah oleh KONI Mimika, diduga adanya penyelahgunaan anggaran, sehingga laporan pertanggungjawabannya menjadi tidak jelas atau banyak ketimpangan. (Markus Rahalus)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment