Polres Mimika yang Pertama Berlakukan E-Tilang di Papua

Bagikan Bagikan
Petugas tilang pelajar yang melanggar aturan lalu lintas
SAPA (TIMIKA) – Polres Mimika melalui Satlantas Polres Mimika yang pertama kali memberlakukan fasilitas pembayaran denda pelanggar lalu lintas dengan aplikasi elektronik tilang (E-Tilang) di Papua.

Fasilitas berbasis internet tersebut mulai diterapkan dan disosialisasikan kepada para pelanggar lalu lintas dalam operasi antisipasi kerawanan kelulusan pelajar, terutama yang melakukan aksi ugal-ugalan di jalan raya, Selasa (2/5). 

Kanit Regident Satlantas Polres Mimika, Iptu Novindriani Gultom
jelaskan proses E-Tilang
Kepala Unit Registrasi dan Identifikasi (Kanit Regident) Satlantas Polres Mimika, Iptu Noviandriani Gultom, mengatakan E-Tilang akan memudahkan para pelanggar membayar denda tanpa harus menunggu persidangan.

"Pelanggar tidak terkendala motornya sudah ditahan kemudian harus menunggu sidang. Tetapi pelanggar langsung bisa bayar melalui ATM, M-Banking, kemudian langsung motor keluar," jelasnya.

Adapun aplikasi E-Tilang Polri telah diaktifkan di setiap handphone pintar milik anggota Satlantas. Data pelanggar dan bentuk pelanggarannya diinput melalui aplikasi ini. Konfirmasi bentuk pelanggaran nantinya terkirim secara otomatis ke nomor telepon si pelanggar.

"Jadi begitu sms konfirmasi diterima oleh pelanggar, mereka tinggal membawa nomor (kode pembayaran) tersebut ke bank atau langsung melakukan pembayaran di ATM," jelasnya. (Sevianto Pakiding)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment