Puskesmas Ipaya akan Dibangun Dua Lantai

Bagikan Bagikan
Bupati Eltinus Omaleng saat meletakkan batu pertama pembangunan Puskesmas Ipaya
SAPA (TIMIKA) – Bupati Kabupaten Mimika, Eltinus Omaleng, SE.MH berkomitmen agar Puskesmas yang dibangun di Ipaya, Distrik Amar harus berlantai dua dan berstandar Rumah Sakit.  Hal ini, dikarenakan jangkauan ke kota Timika sangat jauh jika sewaktu-waktu adanya pasien rujukan. Selain itu, pertumbuhan penduduk pun akan semakin bertambah.

“Saya tidak mau di sini cuma ada Pustu tapi harus Puskesmas dan harus dibangun dua lantai. Itu modelnya macam di Puskesmas Timika Jaya SP 2,”ungkap Omaleng ketika melakukan peletakan batu pertama pembangunan Puskesmas dan Koperasi Gerbang Emas di Kampung Paripi, Distrik Amar, Senin (15/5).

Menurutnya, selama dirinya menjabat sebagai Bupati, dirinya siap bersentuhan langsung dengan masyarakat melalui pembangunan-pembangunan  yang bisa dirasakan masyarakat,  sehingga masyarakat harus benar-benar merasakan adanya pemerintah. 

 “jika di tahun-tahun sebelumnya masyarakat pedalaman tidak diperhatikan pemerintah, maka selama saya menjabat saya siap untuk bersentuhan langsung dengan masyarakat melalui pembangunan-pembangunan,” katanya. 

Diakui, sejak kunjungannya beberapa bulan lalu ke Ipaya, dirinya telah melihat kondisi Pustu tersebut yang  sangat tidak layak dan berkapasitas tidak sesuai dengan jumlah masyarakat di tiga kampung. 

“Ini bukan main-main lagi. Sampai kapan kita masih harus pakai Pustu? Karena jika begitu terus, maka hingga seratus tahun pun Mimika tidak akan maju,”tuturnya.

Selain itu, menurutnya, pembangunan Puskesmas tersebut, salah satu dari visi dan misi Presidem Jokowi yang mengharuskan pembangunan di Indonesia dimulai dari pesisir.

Untuk itu, dirinya mengajak seluruh masyarakat Ipaya untuk bersama-sama berdoa agar penetapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Mimika 2017 bisa ditetapkan hinggga Juni atau Juli. Dengan demikian, bulan-bulan selanjutnya pembangunan di Ipaya akan dilaksanakan serentak, baik pembangunan Puskesmas, Lapangan Terbang, Kantor Distrik, Pembanguanan Pariwisata ataupun pemekaran Distrik.

“Kita harus bersama-sama berdoa supaya APBD kita bisa cepat ditetapkan. Kalau APBD sudah ditetapkan, maka rencana itu akan terwujud,”ungkapnya. (Acik N)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment