Ratusan Warga "Berburu" Takjil di Depan Masjid Babussalam Timika

Bagikan Bagikan
Masyarakat membeli Takjil untuk berbuka puasa

SAPA (TIMIKA) - Seperti di tahun-tahun sebelumnya,  setiap Bulan Ramadhan  Masjid Babusalam Timika selalu ramai dengan jajanan Takjil atau buka puasa yang dijual disepanjang luar halaman masjid.

 Tak heran, setiap sore hari selama Ramadhan,  lokasi yang terletak di Jalan KH.  Dewantara ramai dikunjungi warga untuk "berburu"  aneka macam menu berbuka puasa.

Seperti yang terlihat pada Sabtu (27/5) sore atau diawal Ramadhan 1438 Hijriah. Sejak pukul 16.00 WIT,  warga yang mayoritas umat Muslim ini datang untuk membeli menu buka puasa, seperti kue,  bubur kacang ijo, es campur,  es pisang ijo,  kolak pisang dan masih banyak lagi.

Harganyapun bervariasi, mulai Rp1000 hingga Rp10 ribu. Seperti jajanan kue,  pedagang ada yang menjualnya dengan harga Rp1000- Rp2000 perbiji. Ada juga yang menjualnya perkotak Rp10 ribu.

Ida,  yang merupakan satu dari puluhan pedagang ini mengakui,  setiap Bulan Ramadhan,  ada berkah tersendiri baginya yang kesehariannya hanyalah  pedagang kue.

Selama Bulan Ramadhan ini,  ia  berjualan kolak pisang  yang dikemas di dalam gelas plastik.  Kolak yang dijualpun harganya hanya Rp5 ribu. Selain itu,  ada juga berbagai jenis kue yang dijualnya.

"Di sini memang tiap tahun selalu ramai. Kami yang berjualan sangat terbantu lah. Jika biasanya ditempat lain lakunya tidak seberapa, tapi di sini bisa untung banyak," aku Ida.

Disisi lain,  banyaknya warga yang "berburu"  aneka jenis Takjil ini mengakibatkan arus lalu lintas menjadi macet.  Bagaimana tidak,  warga yang datang dengan menggunakan kendaraan roda dua dan empat terkadang memarkirkan kendaraannya seenaknya.

Akbar,  salah satu warga berharap,  setiap sore hari selama Ramadhan,  Jalan KH Dewantara dijadikan satu arus saja,  sehingga tidak terjadi kemacetan.

"Kalau bisa Polantas setiap sore  jalan ini dijadikan satu arah saja," harapnya.(Markus Rahalus)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment