Sekda Mimika Minta ASN Tepati Jam Masuk Kantor

Bagikan ke Google Plus
Ilustrasi
SAPA (TIMIKA) – Mengingat telah diberlakukannya jadwal apel pagi yang hanya dilaksanakan setiap Senin dan Jumat, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mimika, Ausilius You mengakui, hal tersebut merupakan peraturan dari Pimpinan Daerah yang harus dilaksanakan oleh seluruh bawahannya. 

Akan tetapi, apel pagi tersebut tidak menjadikan alasan bagi Aparautur Sipil Negara (ASN) untuk terlambat, sebab jam kantor yang tepat waktu adalah menyangkut kesadaran setiap individu.

Sekda You ketika diwawancarai di ruang kerjanya, Selasa (30/5) menjelaskan, seorang ASN yang disebut sebagai Abdi Negara telah bersumpah untuk mengabdikan diri seutuhnya untuk Negara dengan melayani masyarakat sesuai dengan aturan yang berlaku, termasuk ketepatan atau disiplin waktu melaksanakan  tugas pelayanan.

“Kita semua ini sudah dewasa dan harus sadar diri, bahwa kita sebagai ASN harus mengabdi untuk Negara kita. Jangan karena apel hanya Senin dan Jumat, itu berarti hari-hari lain sengaja untuk terlambat,”ujarnya.

Dijelaskan, Pemkab juga telah menetapkan jam kerja selama Bulan Suci Ramadhan, dikarenakan untuk menghormati mereka yang menjalankannya. Akan tetapi, jika bulan tersebut berlalu, maka jam kerja akan kembali dijalankan berdasarkan aturan yang normal.

Diakui, kedisiplinan merupakan hal yang akan bisa diterapkan oleh setiap orang jika ingin menerapkannya, sebab hanya dimulai dengan kebiasaan saja tanpa adanya desakan dari aturan.

Ia menambahkan, jika memang dalam lingkup Pemkab ada permainan dalam pengisian absensi kehadiran pagi dan ketika jam pulang, maka pelaku akan menanggung resiko.

“Kalau memang ada yang diperbudak untuk menandatangani kehadiran orang lain, itu berarti dia sendiri yang menanggung dosa. Terlepas kalau suatu saat ketahuan, maka dia juga harus bertanggungjawab,”ujarnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus

0 komentar:

Post a Comment