Sekda Mimika : Penerimaan CPNS akan Diprioritaskan Sesuai Kebutuhan

Bagikan Bagikan
Ausilius You
SAPA (TIMIKA) – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mimika, Ausilius You mengatakan, jika dalam tahun ini akan ada penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), maka yang diprioritaskan adalah sesuai dengan kebutuhan pada setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“Memang untuk kepastian penerimaan CPNS di Mimika, kita sama sekali belum tahu. Tapi untuk kebutuhan kita akan cek di setiap SKPD,”ujar Sekda You saat diwawancarai di ruang kerjanya, Selasa (30/5).

Dijelaskan, beberapa waktu lalu pihaknya telah menerima surat dari  Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan dirinya telah melakukan koordinasi bersama Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Mimika agar bisa menyampaikan kepada seluruh pimpinan SKPD untuk mengajukan terkait kebutuhan tenaga kepegawaian, sesuai dengan yang dibutuhkan dalam setiap SKPD. 

Diakuinya, untuk mengetahui berapa banyak yang harus direkrut dari setiap SKPD tergantung dari kebutuhan dari SKPD bersangkutan. Dengan demikian, dirinya akan melakukan koordinasi ulang terkait konfirmasi kebutuhan pegawai dari setiap SKPD kepada BKD.

“Nanti saya akan tanyakan lagi ke BKD, sekarang sudah seperti apa pengajuan spesifik kepegawaian dari setiap SKPD. Kalau memang nanti dari setiap SKPD banyak yang dibutuhkan, maka kemungkinan kita akan usulkan ke pusat. Tapi untuk sekarang masih belum pasti,”ujarnya.

Prioritas utama dalam penerimaan tenaga Pegawai Negeri Sipil (PNS) seharusnya tidak diberlakukan dan dikhususkan untuk satu atau beberapa SKPD. Akan tetapi, kata You, semuanya akan dilihat berdasarkan kebutuhan. 

Menurutnya, kalau dilihat dari segi kebutuhan tenaga di Mimika, sudah sewajarnya jika perekrutan pada Dinas Kesehatan (Dinkes), Pendidikan dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang harus diperbanyak atau diprioritaskan. Sebab dinas tersebut merupakan dinas yang selalu bersentuhan langsung terhadap pelayanan masyarakat.

“Pendidikan dan kesehatan itu hal yang kita tidak bisa pungkiri bahwa, perlu banyak tenaga pelayan. Begitu juga dengan keamanan lingkungan, mulai dari kampung desa dan kecamatan, itu makanya saya bilang Satpol PP itu perlu penambahan,”tuturnya.

Penempatan tenaga kesehatan dan pendidik sangat perlu untuk disebar keseluruh pelosok yakni, pegunungan dan pesisir, karena dengan semakin bertambahnya jumlah angka kelahiran dan perkembangan pertumbuhan jiwa, maka secara otomatis pelayanan kesehatan dan pendidikan harus ditambah. 
Saat ini, kata dia, selain pertumbuhan masyarakat asli yang semakin meningkat, masuknya pendatang yang menyebar hingga ke pedalaman sangat perlu dijaga ketat dalam segi keamanan dan kenyamanan, sehingga tenaga Satpol PP juga harus diperbanyak. 

“Memang sekarang kita tidak bisa bilang tiga dinas itu yang harus ditambah, karena kemungkinan ada dinas lain juga yang harus ada penambahan tenaga PNS,”ungkapnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar: