Tindakan Oknum Pejabat di Bappeda Dianggap Agresif Melawan UU Pers

Bagikan Bagikan
Ketua PFI Timika, Ali Nur Ichsan
SAPA (TIMIKA) - Ketua Pewarta Foto Indonesia (PFI) Timika, Ali Nur Ichsan, menganggap bahwa tindakan tidak menyenangkan yang dilakukan oleh salah satu Kepala Bidang (Kabid) di Kantor Bappeda Mimika merupakan tindakan agresif yang melawan Undang-Undang tentang Pers.

Mengetahui adanya tindakan agresif oknum Kabid di Bappeda terhadap wartawan, PFI Timika sangat menyayangkan hal itu terjadi, apalagi tindakan dilakukan oleh seorang pejabat yang menduduki jabatan sebagai Kabid.

"PFI Timika sangat menyesalkan perbuatan tidak menyenangkan yang dilakukan oknum pejabat Kapala Bidang di Bappeda terhadap tiga wartawan saat melakukan tugas peliputan di Kantor Bappeda Mimika. Perbuatan tersebut kami anggap aksi agresif melawan kebebasan pers di Mimika," kata Ketua PFI Timika di Timika, Selasa (23/5).

Lanjut dia, mengingat profesi wartawan adalah profesi yang dilindungi hukum dan Undang-Undang Republik Indonesia, maka PFI Timika menyampaikan empat poin pernyataan sikap.

Pertama, meminta Bupati Mimika Eltinus Omaleng, SE., MH untuk mencopot dan ganti pejabat-pejabat yang mengintimidasi, melecehkan atau melakukan kekerasan terhadap wartawan saat melakukan tugas peliputan. 

Kedua, meminta Pemkab Mimika dan seluruh stakeholder harus memberikan ruang seluas-luasnya pada wartawan untuk melakukan peliputan di seluruh wilayah Mimika berdasarkan UU dan kode etik jurnalis. 

Ketiga, meminta Pemkab Mimika dan seluruh stakeholder agar bisa melakukan perlindungan terhadap wartawan ketika melakukan tugas peliputan, khususnya diruang lingkup Pemkab Mimika.

Keempat, PFI Timika siap mengawal proses hukum kasus kekerasan terhadap wartawan. (Red)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment