TNI-Polri Razia Atribut Papua Merdeka di Kompleks Kantor KNPB Timika

Bagikan ke Google Plus
Kasat Reskrim Polres Mimika AKP Dionisius Vox Dei Paron Helan, SIK bersama personil POM AD ketika mengamankan seragam loreng yang digunakan sebagian warga

SAPA (TIMIKA) – Ratusan aparat TNI-Polri menggelar razia atribut Papua Merdeka di  Kompleks Kantor Organisasi Papua Merdeka (OPM), Komite Nasional Papua Barat (KNPB)-Parlemen Rakyat Daerah Mimika (PRDM), di Jalan Sosial, Distrik Mimika Baru, Kota Timika, Papua, Selasa (30/5). 

Adapun atribut bercorak bendera bintang fajar dari warga yang datang menghadiri undangan aksi deklarasi petisi dan doa oleh KNPB Timika dan PRD Mimika semuanya di amankan oleh TNI-Polri yang mana dipimpin langsung oleh Kapolres Mimika, AKBP Victor D Mackboen.

Selain atribut bercorak bendera bintang fajar, aparat keamanan juga menyita pakaian loreng dan milter yang dikenakan warga.

"Kita tidak memberikan izin ke kelompok ini, karena memang tidak sesuai aturan dari Kesbangpol Mimika. Kalau memang mau berdoa, silakan. Jangan orasi yang memprovokasi terkait dengan keutuhan NKRI," kata Kapolres Mimika AKBP Victor D Mackbon kepada wartawan.

Saat razia, Satuan Lalu Lintas Polres Mimika sekaligus menggelar sweeping kendaraan bermotor. Beberapa motor yang tidak memilki surat-surat lengkap langsung diamankan untuk pendalaman lebih lanjut.

"Kita menyita sejumlah sajam dan peralatan yang bisa digunakan mencederai orang lain. Kalau hanya berdoa tidak perlu bawa sajam atau alat perlawanan lainnya," kata Kapolres.

Pantauan di lapangan, aparat keamanan hanya menyita barang yang dinilai melanggar aturan. Warga tetap dipersilahkan melaksanakan ibadah dan doa.

Kapolres menegaskan pengamanan dan razia serupa akan dilaksanakan setiap kali ada kegiatan yang bersinggungan dengan keutuhan NKRI.

Sebelum razia, Wakapolres Mimika Kompol Arnolis Korowa mengingatkan seluruh personel yang terlibat agar mendahulukan tindakan persuasif, namun tetap tegas jika menemukan tindak pidana.

"Penggunaan senjata adalah tindakan paling terkahir dan tetap sesuai petunjuk pimpinan," pesannya.

Kabag Ops Polres Mimika Kompol I Nyoman Punia yang memimpin razia ini membagi personil di beberapa titik. Setiap warga yang masuk ke kompleks Kantor OPM KNPB-PRDM diperiksa. (Markus Rahalus)
Bagikan ke Google Plus

0 komentar:

Post a Comment