Turkam ke Ipaya, Bupati Mimika Disambut Antusias Masyarakat

Bagikan Bagikan
Buapati Mimika beserta Rombongan disambut Antusias oleh masyarakat Ipaya
SAPA (TIMIKA) – Program turun kampung (Turkam) Bupati Kabupaten Mimika, Eltinus Omaleng, SE.,MH, Selasa (15/5) disambut  antusias oleh ratusan masyarakat tiga kampung yakni, Ipiri, Paripi dan Ipaya, Distrik Amar.

Turkam kali ini dirangkaikan dengan berbagai kegiatan lain seperti Peresmian Koperasi Gerakan Kebangkitan Ekonomi Masyarakat Sejahterah (Gerbang Emas) yang akan melayani masyarakat setempat, Pembukaan Ujian Akhir Murid Sekolah Dasar (SD) seluruh SD se Mimika yang dilaksanakan di SD Yayasan Pendidikan Persekolahan Katolik (YPPK), St. Linus Ipaya, Penyaluran bahan makanan (Bama) kepada seluruh masyarakat dari tiga kampung tersebut, penyerahan  Kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan  Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda).

“Sesuai dengan keinginan dari masyarakat Ipaya, makanya saya datang dan kembali bertemu. Saya akan berusaha terus untuk menepati janji saya meski saya datang tidak tepat dengan yang telah dijanjikan,”ujar Bupati Eltinus dalam sambutannya sebelum menyerahkan soal ujian kepada Kepala Sekolah SD (YPPK), St. Linus Ipaya.

Dihadapan para siswa yang mengikuti ujian akhir, Bupati Eltinus  mengatakan bahwa seluruh murid tersebut merupakan generasi pengganti dirinya dan para petinggi lainnya di Mimika. Karena hal itu, dirinya berpesan agar seluruh murid harus bisa mengerjakan soal ujian dengan baik sehingga pada akhirnya lulus untuk dilanjutkan ke tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan tingkatan selanjutnya.

“Kalian semua yang nanti menggantikan saya untuk jadi pemimpin di tanah kita ini. Karena itu kalian harus bisa mengerjakan soal dan nanti semangat untuk lanjutkan sekolah,”ungkapnya.

Usai melakukan pembukaan ujian akhir SD se Mimika di halaman SD YPPK St. Linus, Bupati Eltinus yang didampingi oleh Kepala Dinas Perhubungan dan Informatika (Dishubkominfo) Jhon Retob, Kadis PU Roberth Mameyaut, Kadisporapa, Mohammad Toha, Kadiskop dan EK Cherli Lumenta diarak dengan tarian tradisional menuju kantor Koperasi Kampung Paripi untuk meresmikan Koperasi tersebut dengan ditandai dengan pengguntingan pita dan membuka kunci pintu serta pembukaan tirai papan nama Koperasi.

Dalam sambutanya Bupati Eltinus mengatakan, Koperasi tersebut merupakan salah satu bukti pelayanan Pemkab Mimika kepada masyrakat setempat, sehingga masyarakat tidak kewalahan dalam memperoleh bahan makanan (Bama) serta kebutuhan sehari-hari. Selain itu, seluruh hasil usaha pertanian dan nelayan bisa langsung disalurkan ke Koperasi tersebut untuk dilanjutkan ke Kota Mimika, sehingga masyarakat tidak harus membawa dan menjual sendiri hasil karya mereka.

“Koperasi ini akan membantu seluruh usaha Bapak dan Ibu semua. Itu makanya sekarang harus lebih rajin lagi untuk bekerja karena Pemkab siap membantu,”tuturnya.

Usai persesmian Koperasi di Kampung Paripi, selanjutnya Bupati Eltinus dan rombongan diarak menuju Kampung Ipiri untuk melakukan peletakan batu pertama pembanguan Kantor Koperasi, dan pembangunan Puskesmas Ipaya. Serta sebelumnya disambut dengan acara penyerahan lahan pembangunan Bandara.
“Saya beberapa waktu lalu sudah kunjung ke sini dan saya sangat prihatin kondisi Pustu yang ada, padahal harus melayani banyak orang. Karena itu saya berfikir untuk membangun Puskesmas saja,”ujarnya.

Saat menyampaikan sambutaanya ketika peletakan batu pertama pembangunan Kantor Koperasi Ipiri, Bupati Eltinus mengakui jika selain pembangunan Koperasi dan Puskesmas, dirinya akan terus berjuang untuk  mengembangkan potensi Pariwisata, yakni pantai Ipaya.

“Sekarang DPU sudah mulai mensurvei pembangunan jalan darat Timika ke sini. Itu berarti Pariwisata pun akan siap kita bentuk, supaya disini bisa jadi macam di Bali,”tuturnya.

Agenda juga dilanjutkan dengan mengunjung bibir pantai Ipaya yang diakui Bupati Eltinus merupakan Kuta Bali di Mimika.

“Ini persis Kuta Bali. Nanti kalau sudah mulai, maka di sepanjang pinggiran ini akan dibangun jualan-jualan karya seni dan jualan lainnya,”ungkapnya. (Acik N)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment