Yapeda akan Menggelar MRAN 2017

Bagikan ke Google Plus
Ilustrasi
SAPA (TIMIKA) – Yayasan Peduli AIDS (Yapeda) Kabupaten Mimika, berencana akan menggelar Malam Renungan AIDS Nusantara (MRAN) 2017. Pelaksanaan kegiatan direncanakan akan dilaksanakan pada 20 Mei 2017 mendatang di Jalan Cenderawasih.

Berdasarkan pres release yang diterima Salam Papua menerangkan, MRAN sebagai perwujudan TINGKAT nasional dari International AIDS Candlelight Memorial. Dimana sejak 1983 organisasi penderita AIDS sedunia mengadakan malam khusus untuk mengenangkan teman-teman yang meninggal dunia sebagai penderita AIDS. Dan sudah lebih dari 30 tahun sekitar 1200 LSM di 115 negara mengadakan malam renungan pada hari Minggu yang ketiga di bulan Mei. 

“Maksud dan tujuan renungan malam itu adalah untuk memperingati dan mendoakan mereka yang meninggal sebagai penderita AIDS. Tapi juga untuk menyadarkan masyarakat tentang adanya epidemi HIV/AIDS, yang masih sedang berlangsung dan tetap menuntut kurban,”.

Di kota Timika tahun ini MRAN akan diadakan pada Sabtu (20/5) malam. Dimana untuk tempat acara adalah Jalan Cenderawasih, tepatnya di antara Gelael dan Katedral Tiga Raja. Dan akan melibatkan Pemerintah Kepala Distrik Mimika Baru, Kapolsek Mimika Baru,  Community Health Development( CHD-PTFI ), YAPEDA, SMK Kesehatan Timika, SMA Tiga Raja, Poltekkes Program Kebidanan, Ikatan Bidan Indonesia Kabupaten Mimika dan Papua Care .

Acara yang akan diadakan bersifat sederhana, tetapi penuh arti. Akan diadakan pawai lilin dari Gelael menuju Tiga Raja. Di jalan raya di depqn Tiga Raja akan dibentuk Pita Kenangan AIDS oleh mereka yang memegang lilin. Di tempat itu akan diadakan renungan, doa dan puisi. Kita akan pulang dalam keadaan tenang, merenungkan mereka yang pernah dekat dengan kita, tetap yang telah berpulang sebagai penderita AIDS.

MRAN tersebut adalah acara yang terbuka untuk seluruh masyarakat. Mereka yang ikut dalam renungan tersebut dianjurkan untuk memakai baju hitam dan membawa lilin untuk dinyalakan pada saat renungan.  Jam 17.00 peserta pawai berkumpul di depan Gelael. Jam 17.30 pawai menuju Tiga Raja. Jam 18.00 dibentuk pita lilin dan diadakan doa dan renungan. Jam 19.00 para peserta pulang.

Pada saat ini secara global ada 33 juta orang yang HIV positip. Sejak epidemi HIV/AIDS ditemukan dalam tahun 1981 ada 35 juta orang yang meninggal karenanya. Jumlah kasus yang tercatat di KPA Kabupaten Mimika secara kumulatif melebihi lima ribu warga. Ada alasan cukup untuk memberi perhatian penuh pada epidemi HIV/AIDS dan malam MRAN yang memperingati mereka yang sudah menjadi kurban.(Red)
Bagikan ke Google Plus

0 komentar:

Post a Comment