35 Kapal Minatama Dijual ke Cina

Bagikan ke Google Plus
Kapal penangkap ikan milik Minatama yang sebelumnya bersandar di Pelabuhan Poumako
SAPA (TIMIKA) - Setelah cukup lama ditahan di peraiaran Pomako, akhirnya PT Minatama Mutiara bisa memberangkatkan 35 kapalnya untuk dijual ke Cina.

"Berangkat dua gelombang, pertama 25 kemudian 10 kapal. Itu resmi dengan dokumen lengkap. Kapal ini berlayar satu kali pelayaran menuju Cina, sudah berangkat semua dan terkonfirmasi sudah sampai di Cina," kata Danlanal Timika Letkol Laut (P) Yoshapat Indarto kepada wartawan, Kamis (8/6) malam.

Sesuai aturan Kementerian Perikanan dan Kelautan, kapal-kapal milik PT Minatama Mutiara tidak bisa beroperasi lagi di wilayah perairan Indonesia. Kapal-kapal itu kemudian dikandangkan di perairan Pomako.  Akhirnya PT Minatama Mutiara mengurus surat dan dokumen ke Kementerian Kelautan dan Perikanan serta instansi terkait lainnya agar kapal-kapal ini bisa berlayar meninggalkan wilayah Indonesia.

Yosaphat menyebutkan, sebenarnya jumlah kapal milik PT Minatama Mutiara yang ditahan sebanyak 38. Namun, tiga kapal yang berbahan fiber dalam kondisi rusak dan tak bisa berlayar. 

"ABK yang warga negara Cina juga sudah berangkat semua," katanya.

Ia menjelaskan, dalam kasus ini, kewenangan ada pada Pos Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Timika sebagai perwakilan dari Kementerian Kelautan dan Perikanana di daerah.

"Kalau kami hanya pengamanan saja," jelas Yosaphat. (Markus Rahalus)
Bagikan ke Google Plus

0 komentar:

Post a Comment