5000 Warga Kristen - Muslim Berbuka Puasa Bersama

Bagikan ke Google Plus
Bupati Asmat, Elisa Kambu, S.Sos sedang bersama anak-anak dan hendak menyuapkan kue kepada salah satu anak
SAPA (ASMAT) – 5000 lebih warga Kristen Katolik, Protestan dan Muslim se Kota Agats berbondong-bondong dan membaur bersama umat muslim membuka puasa bersama yang diselenggarakan Pemerintah Daerah Kabupaten Amat, di Pasar Dolog Asmat, Sabtu (10/6) sore. 
  
Bupati Asmat, Elisa Kambu, S.Sos dan Ketua Peringatan Hari-hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Asmat yang juga Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Asmat dalam sambutan mengajak seluruh warga memupuk dan merawat tali persaudaraan antar umat beragama di Kabupaten Asmat menjadi contoh dan teladan bagi daerah lain, di Indonesia.

“Saya sangat bangga dan bersyukur. Umat Muslim dan warga Kristen Katolik dan Protestan bisa bersatu dan membaur tanpa sekat dan perbedaan saat ini. Saya membaca dari mata dan raut wajah kita semua saat ini. Kita harus mempuk semangat tali persaudaraan ini. Warga Kristen Katolik, Protestan dan Muslim di Asmat harus bersepakat bersama Pemerintah Daerah menjadi contoh dan teladan bagi daerah lain, di Indonesia. Kita pancarkan semangat persaudaraan itu dari Asmat hingga ke barat sana,” kata Kambu dan Jasman Tumpu dihadapan 5000 lebih warga Asmat dari berbagai elemen dan latar belakang agama itu.

Tali persaudaraan yang sudah terjalin kuat dalam hati sanubari kita saat ini, dia menegaskan tidak boleh terusik dan terpancing dengan situasi di daerah lain. “Mari kita kibarkan panji-panji tali persaudaraan kita di Asmat berdiri kokoh di atas negara kita yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945. Kita jahit kebhinekaan dalam wadah negara yang berdasarkan Pancasila dan mempertahankan NKRI hingga akhir hayat kita. Bagaimana setuju?” teriak Bupati diamini seluruh warga serempak: “Setuju…..!”

Bagai gayung disambut, Ketua PHBI Kabupaten Asmat yang juga Wakil Ketua DPRD Asmat, Jasman Tumpu menyampaikan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada seluruh warga masyarakat Asmat ikut berpartisipasi dan memberikan andil yang sangat besar kepada umat Muslim bisa melaksanakan puasa dalam suasana yang damai dan penuh persaudaraan.

 “Saya mewakili seluruh umat Muslim mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga Asmat. Kita pupuk persaudaraan ini hingga akhir hayat kita. Dan terima kasih yang sama kepada Pemda Asmat yang menyelenggarakan kegiatan buka puasa bersama untuk memupuk tali silaturahmi bersama seluruh umat dari antar beragama di Kabupaten Asmat,” katanya.

Dari rekaman media ini, buka puasa bersama sekitar 5000 lebih warga itu sangat  syahdu ketika Imam Zainudin Armadau melantunkan doa pembukaan puasa, suasana hening dan sunyi seketika.  Umat Muslim bersujud syukur dan umat Katolik serta Protestan mendudukan kepala berdoa sesuai keyakinan masing-masing.  “Terima kasih. Kita sudah berdoa buka puasa. Mari kita lanjutkan dengan makan bersama,” kata Imam Zainudin Armadau.

Tampak warga dari dari berbagai elemen itu, mulai dari orang dewasa, usia lanjut  dan anak-anak memegang kupon dan menukarkan kupon   yang disediakan panitia buka puasa bersama memilih makanan dan minuman sesuai selera. 

Tampak pula penyaji makanan dan minuman berbaur antara ibu-ibu yang beragama Kristen Katolik, Protestan dan Muslim bersukacita melayani warga yang menukarkan kuponnya dengan makanan sesuai seleranya. 

Dari data yang dihimpun, mulai dari aneka makanan, minuman hingga penjual bakso, pemiliknya yang menerima kupon menyerahkan kupon itu kepada Dispenda Asmat. Dispenda Asmat menghargai satu kupon dengan RP 20.000. 

Menurut panita, kupon yang disediakan Dispenda Asmat sejumlah 4.950 kupon X Rp.20.000. Itu berarti Pemda Asmat mengeluarkan dana hanya untuk kupon diluar prasarana lain dalam kegiatan itu sebesar 99 juta rupiah. 

Dipenghujung buka puasa bersama, Bupati Asmat, Elisa Kambu, S.Sos membagi-bagi kue-kue yang tidak dimakan para pejabat dan disediakan khusus panitia kepada anak-anak. (Sergi)
Bagikan ke Google Plus

0 komentar:

Post a Comment