Akhir Bulan Juni Pansel Panwaslu Mimika Dibentuk

Bagikan Bagikan
SAPA (TIMIKA) – Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Mimika Theodora Ocepina Magal, S.KM mengatakan, akhir Bulan Juni, Panitia Seleksi (Pansel) Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu)  akan di bentuk.

Ia menyebutkan, sebanyak 3 orang yang ditunjuk baik dari Pusat, Provinsi dan  Kabupaten untuk merekrut Pansel Panwaslu yang akan berakhir tanggal 15 Juni mendatang.

 “Perekrutan Pansel Panwaslu) dari 10 Juni hingga 15 Juni mendatang,” kata Oce sapaan akrab Ketua KPUD Mimika, saat ditemui wartawan di Kantor KPUD Mimika, Jalan Yos Sudarso, Selasa (13/6).

Ia menjelaskan, akibat adanya pemungutan suara ulang (PSU) di beberapa Kabupaten di Papua membuat Ketua Bawaslu Provinsi Papua dan Komisionernya tidak bisa melakukan perekrutan. Sehingga Bawaslu Pusat berinisiatif untuk menunjuk masing-masing satu orang baik dari Bawaslu Pusat hingga Kabupaten untuk melaksanakan perekrutan Pansel tersebut. Namun perwakilan dari Kabupaten yang tergabung di dalam Pansel tersebut merupakan Tokoh Agama.

"Karena lagi ada masalah dibeberapa kabupaten sehingga dari Bawaslu Propinsi tidak bisa rekrut,” katanya. 

Ia mengakui, batas waktu yang diberikan oleh Bawaslu Pusat hanya sampai tanggal 10. Namun karena kendala yang dihadapi berkaitan dengan PSU dibeberapa Kabupaten di Papua, sehingga diberikan waktu 5 hari kedepan untuk perekrutan Pansel.

"Memang ada batasnya sampai tanggal 10 tapi cuma karena waktu, mereka tidak sempat karena sibuk dengan PSU sehingga khusus papua sampai tanggal 15 terakhir," terangnya.

Usai dibentuk, kata dia, orang-orang yang ditunjuk untuk Pansel Panwaslu akan mengikuti kegiatan pembekalan di Jayapura pada tanggal 20 Juni mendatang, dan selanjutnya Pansel yang terbetuk akan melaksanakan tugas perekrutan Panwaslu dimasing-masing Kabupaten.

"Tanggal 20 itu sudah pembekalan untuk Pansel yang sudah terbentuk.Setelah Pansel terbentuk baru dibuka pendaftaran untuk Panwas," ungkapnya. (Ricky Lodar)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment