APBD Mimika Ditetapkan Pekan Ini

Bagikan ke Google Plus
Eltinus Omaleng
SAPA (TIMIKA) - Bupati Mimika Eltinus Omaleng, SE.,MH mengatakan, Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Induk 2017 ditetapkan pekan depan usai evaluasi tim anggaran provinsi dan tim anggaran kabupaten.

"Sabtu (9/6) tim anggaran dari Jayapura sudah ke Timika untuk lakukan pengecekan Rencana Kerja Anggaran (RKA) yang disiapkan masing-masing SKPD. Nanti Senin dan Selasa akan dievaluasi di Jayapura bersama. Kalau sudah rampung berarti pekan depan (Pekan ini-red) APBD 2017 sudah bisa ditetapkan," kata Omlaeng, ditemui di bilangan Jalan Budi Utomo, Sabtu (9/6).

Dengan demikian maka, APBD 2017 ini akan sama besarnya dengan APBD sebelumnya, yaitu Rp2,9 miliar. Sementara itu, dana wajib mengikat Mimika 2017 sebesar Rp400 miliar telah digunakan sebelum penetapan berdasarkan persetujuan Gubernur Papua Lukas Enembe beberapa waktu lalu.

Rencananya, setelah penetapan APBD Mimika, para pejabat eselon II atau kepala SKPD akan dimutasikan. Sementara para kepala SKPD yang telah mencalonkan diri untuk maju dalam pemilihan kepala daerah 2018 dipastikan akan diganti posisinya oleh pejabat yang baru.

"Nanti pada saat mutasi atau pergantian pejabat setelah penetapan APBD baru saya serahkan Dokumen Penggunaan Anggaran (DPA) masing-masing SKPD," ujarnya. 

APBD Mimika kali ini, menurut Omaleng, disusun berdasarkan SKPD yang lama lantaran Mimika sampai saat ini belum melakukan restrukturisasi kelembagaan yang mengharuskan pengalihan sejumlah SKPD ke provinsi, termasuk rencana penambahan beberapa SKPD yang baru.

"Kami masih lakukan koordinasi apakah restrukturisasi bisa berdasarkan peraturan Bupati atau tidak. Jika bisa maka akan dilakukan restrukturisasi dan anggaran akan disesuaikan pada APBD perubahan nanti," katanya. (Ricky Lodar)
Bagikan ke Google Plus

0 komentar:

Post a Comment