Banyak Anak Dari Pedalaman Tidak Bisa Lanjut Sekolah

Bagikan ke Google Plus
Thadeus Kwalik
SAPA (TIMIKA) – Thadeus Kwalik yang merupakan Politisi Partai Bulan Bintang (PBB) Mimika sangat menyayangkan, banyak anak-anak dari pedalaman dan pesisir pantai tidak bisa melanjutkan sekolah, lantaran waktu pendaftaran masuk sekolah negeri di Kota Timika sangat terbatas atau mepet.

"Seharusnya sekolah-sekolah di Kota Timika memberikan waktu khusus bagi anak-anak dari pedalaman dan pesisir pantai. Dalam arti memberikan tambahan waktu, bagi anak-anak ini untuk bisa mendaftar,”kata Thadeus saat ditemui Wartawan di Kantor DPRD Mimika, Kamis (22/6).

Kata dia, kenapa dirinya meminta waktu khusus diberikan kepada anak-anak dari distrik jauh. Hal ini dikarenakan, letak geografis Kabupaten Mimika ini terdiri dari pesisir dan pedalaman. Sehingga untuk menempuh ataupun menjangkau wilayah kota, yang nota benenya pusat dari pendidikan sangat terbatas, baik itu waktu ataupun akses transportasi.

Lanjutnya, dengan kondisi yang demikian, maka membutuhkan waktu untuk mengurus berkas-berkas atau kelengkapan pendaftaran sekolah. Syukur-syukur kalau berkas yang dibawa itu lengkap, kalau tidak, maka akan kembali ke rumahnya untuk mengambil berkas. Belum lagi, dalam perjalanan ada halangan, baik itu cuaca atau lainnya.

“Anak-anak harus ke kota mengurus berkas-berkas dan memperbanyaknya untuk pendaftaran. Dan selanjutnya harus kembali lagi ke sekolah asal untuk melegalisir berkas-berkas tersebut. Proses tersebut sangat memakan waktu lama,”jelasnya.

Ia mengatakan, lamanya waktu untuk mengurus berkas ini tidak seimbang dengan waktu pendaftaran sekolah. Misalnya, saat ini sudah ada sekolah yang sudah mengumumkan pendaftaran. Sementara, dirinya masih melihat banyak anak-anak dari pedalaman dan pesisir pantai yang belum mendaftar. Akhirnya banyak anak-anak yang dari pedalaman, tidak bisa masuk ke sekolah negeri. Sementara sekolah yang ada di pedalaman dan pesisir pantai sangat terbatas jumlahnya, dibandingkan di kota.

Tambah dia, walaupun sekolah negeri atau swasta itu sama saja, tergantung dari pribadi anak itu masing-masing. Namun, paling tidak ada kesempatan bagi anak-anak ini untuk mengikuti pendaftaran tersebut. Apalagi kesempatan untuk pendidikan yang sama merupakan hak setiapwarga negara.

“Masalah anak-anak ini lolos atau tidak, bukan menjadi soal. Yang penting ada kesempatan, untuk bisa ikut daftar di sekolah negeri yang ada di kota. Olehnya, saya minta ada kebijakan dari sekolah yang ada di kota untuk memberikan waktu khusus bagi anak-anak dari pedalaman dan pesisir pantai,”tuturnya.(Ricky Lodar)
Bagikan ke Google Plus

0 komentar:

Post a Comment