Baznas Mimika Tentukan Besaran Zakat Fitrah

Bagikan Bagikan
Ilustrasi
SAPA (TIMIKA) – Plt. Kepala Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Mimika,Umar Habib mengatakan, pihaknya sudah menentukan besaran zakat yang wajib dikeluarkan oleh umat Muslim pada 1438 H/2017 M. Dimana besaran zakat yang dikeluarkan ini, dihitung berdasarkan harga pokok kebutuhan di Timika.

“Setelah kami melakukan survei, maka penentuan besaran zakat fitrah Rp35 ribu dan untuk  fidyah Rp30 ribu atau 2,7 kilogram beras. Besaran ini masih sama dengan tahun lalu,”kata Umar Habib kepada Wartawan, Minggu (4/6).

Umar menjelaskan, untuk pembayaran zakat, umat Muslim bisa langsung datang ke Kantor Baznas, yang berada di sisi kanan Masjid Babussalam. Sementara untuk Unit Pengelola Zakat (UPZ) yang biasa ada di masjid-masjid, musholla maupun organisasi Muslim, tetap dapat dilaksanakan.

“Sampai saat ini, baru ada satu UPZ yang datang melapor kepada Baznas, yakni dari Masjid Nurul Salam,”terangnya.

Menurutnya, untuk pengurus UPZ harus mendapatkan Surat Keputusan (SK) dari Baznas untuk lokasi pengumpulan zakat. Hal ini dikarenakan, Baznas merupakan lembaga resmi pemerintah non sturktural, yang mengeluarkan SK kepada semua UPZ sebelum mengumpulkan zakat dari umat Muslim.

“Sesuai Peraturan Baznas Nomor 2 Tahun 2016, semua UPZ tahun ini harus melapor. Dengan pengisian formulir yang sudah disediakan oleh Baznas, maka secara resmi umat Muslim bisa membayar zakat di lokasi UPZ tersebut,”tuturnya.(Anya Fatma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment