Berkas Kasus Dugaan Perbuatan Makar Segera Tahap Satu

Bagikan ke Google Plus
KBP Victor Dean Mackbon
SAPA (TIMIKA) - Kapolres Mimika AKBP Victor Dean Mackbon, SH., SIK., MH., M.Si mengatakan, kasus dugaan perbuatan makar oleh aktivitis Komite Nasional Papua Barat (KNPB) dengan tersangkanya Wakil Ketua KNPB Wilayah Timika, YA, kini masih dilengkapi berkasnya untuk segera masuk tahap satu (Diserahkan ke kejaksaan untuk diperiksa).

“Kami masih memprosesnya. Saksi ahli masih diperiksa serta melengkapi berkas untuk segera tahap satu," kata kapolres saat diwawancarai awak media di Rimba Papua Hotel (RPH), Senin (12/6).

Terkait kasus ini, kapolres berjanji akan mengupayakan agar secepat mungkin bias masuk tahap satu.

“Kita akan upayakan supaya dua minggu lagi tahap satu. Untuk segera tahap satu, kita telah melengkapi segala sesuatunya untuk diserahkan kepada kejaksaan dan juga SPDP (Surat Perintah Dimulai Penyidikan) telah diserahkan,” terang kapolres. 

Sebelumnya, tersangka YA diamankan petugas kepolisian pada kegiatan KNBP yang digelar di halaman kantor sekretariatnya, area bendungan, Jalan Sosial, pada Selasa (30/5) lalu. YA diamankan karena tidak mendengarkan imbauan kepolisian terkait kegiatan yang dilakukannya. 

Selain mengamankan YA, kepolisian juga mengamankan barang bukti seperti bendera KNBP sebanyak lima lembar, tiang bendera sebanyak dua buah, spanduk bertuliskan "Dukungan petisi manual di wilayah Bomberay", spanduk yang bertuliskan "Refrendum for west Papua" dan pengeras suara. 

Terkait kasus ini, disampaikan sebelumnya oleh Kasat Reskrim Polres Mimika AKP Dionisius Vox Dei Paron Helan, SIK bahwa YA yang kini ditetapkan sebagai tersangka terancam dijerat dengan Pasal 106 juncto Pasal 87 KUHP tentang perbuatan maker, yang mana ancaman hukuman penjara seumur hidup atau paling lama 20 tahun penjara. (Markus Rahalus) 
Bagikan ke Google Plus

0 komentar:

Post a Comment