Bosco Pogolamum Jabat Ketua Gapensi Mimika

Bagikan ke Google Plus
Foto Bersama Usai Pelantikan Pengurus Gapensi
SAPA (TIMIKA) - Badan Pengurus Cabang (BPC) Gabungan Pelaksana Konstruksi Seluruh Indonesia (Gapensi) Mimika melakukan Musyawarah Cabang (Muscab) IV untuk melaksanakan pemilihan pengurus. Bosco Pogolamum terpilih secara formatur untuk menjadi Ketua Badan Pengurus Cabang (BPC) Gapensi Mimika  periode 2017-2022. Pemilihan tersebut berlangsung di kantor Gapensi Mimika jalan Budi Utomo Timika Indah, Jumat (9/6).

Hadir dalam pertemuan tersebut Sekda Mimika Ausilius You, S.Pd., MM., MH, Kajari Timika Alex Sumarna, Ketua BPD Gapensi Provinsi Papua Erik Wally, Ketua BPD Gapensi Mimika Bosco Pogolamum, Ketua panitia dan juga merupakan Sekertaris BPC Gapensi Mimika Daud Bunga, serta Direktur dan Direktris di Mimika.

Ketua BPC Gapensi Mimika Bosco Pogolamum dalam sambutannya mengatakan, Muscab IV merupakan tahapan tertinggi disuatu kabupaten guna menentukan haluan serta gerak langkah organisasi yang memiliki peranan stategis untuk menentukan kiprah pengurus selama 5 tahun ke depan.

"Muscab ini kegiatan tertinggi di Kabupaten untuk langkah organisasi untuk satu periode," kata Bosco dalam sambutannya.

Bosco menjelaskan kondisi Mimika saat ini, dengan belum disahkan APBD, dirinya memberikan apresiasi kepada semua pengurus dan anggota Gapensi yang selalu dan tetap eksis membantu Pemerintah dalam pembangunan dalam bidang infrastruktur.

"Saya berikan apresiasi kepada anggota Gapensi Mimika dalam kondisi daerah kita yang seperti ini tapi kita tetap eksis membangun dan mendukung pemda dalam pembangunan infrasteuktur," jelasnya.

Ketua BPD Gapensi Provinsi Papua Erik Wally dalam sambutannya mengatakan, Muscab IV merupakan moment yang penting untuk memilih pengurus Gapensi Mimika untuk 5 tahun ke depan serta tugas dan tanggung jawab sesuai dengan AD/ART, pasalnya dunia yang ditekuni merupakan dunia profesionalisme dengan demikian kepada seluruh anggota Gapensi agar kerja secara benar karena saat ini fokus pengawasan pemerintah terhadap uang negara.

"Muscab ini penting untuk bagaimana kita berkarya didunia prifesionalisme, dan itu semua kembali bagaimana kita bekerja secara benar," kata Erik.

Dirinya menyayangkan APBD Mimika yang setiap tahun bertambah namun tidak ada pengusaha Papua yang bisa maju dan bersaing. Terbukti dari data yang ada hanya 18 pengusaha Papua yang bisa menyerap APBD maupun APBN. Karena itu dari persentasenya hanya 1, 3 %. Kondisi riil tersebut yang perlu menjadi perhatian dari pengurus Gapensi Papua dan Gapensi Mimika.

"APBD Mimika besar dari tahun ke tahun tapi saya mau tanya berapa banyak pengusaha Papua yang sudah terserap dari APBD itu? Hanya sedikit orang yang berhasil dari data yang ada," tuturnya.

Sekda Mimika Ausilius You, S.Pd., MM., MH dalam sambutannya mengajak pengurus dan anggota Gapensi Mimika agar selalu mengucap syukur atas apa yang ada. Pasalnya, saat ini masyarakat Papua terlebih khusus Mimika harus dihadapkan dengan era globalisasi, era transparan, era kompentensi, serta persaingan MEA. Dalam era tersebut ada banyak peluang dan ancaman, namun bagaimana caranya masyarakat Mimika menyikapi hal tersebut.

"Kita harus syukuri karena kita hadir di sini untuk mengikuti Muscab, entah sadar atau tidak sadar, mau atau tidak mau sengaja atau tidak sengaja, suka tidak suka, kita sudah dihadapkan pada era persaingan bebas dan era globalisasi, dan kita harus siap, karena era yang bisa menguntungkan atau peluang dan juga ada ancaman karena kita adalah bagian dari itu," kata Sekda You.

You menjelaskan, sama halnya dengan Gapensi Mimika yang tidak mau termakan oleh era, dengan demikian perlu inovasi-inovasi yang dilalukan oleh pengurus Gapensi Mimika agar bisa menemukan sosok pemimpin  Gapensi yang modern yang bisa merumuskan perencanaan untuk menunjang pembangunan nasional.

"Karena tidak mau dimakan oleh era. Gapensi sudah mulai membenah diri dan menemukan jati diri dengan memilih nahkoda dan pengurusnya untuk merumuskan perencanaan," jelasnya.

Dirinya berharap agar dalam muscab tersebut melahirkan seorang pemimpin yang bisa merangkul dan bisa mengembangkan organisasi Gapensi sesuai dengan apa yang diinginkan bersama dalam program 5 tahun kedepan.

"Saya harap pemimin yang terpilih mau berkarya untuk membawa kita ke arah yang baik dan menguntungkan karena semua anggora," kata You. (Ricky Lodar)
Bagikan ke Google Plus

0 komentar:

Post a Comment