Bupati Mimika Pertanyakan Alokasi Dana Otsus yang Menurun

Bagikan ke Google Plus
SALAM (TIMIKA) – Bupati Eltinus Omaleng, SE.,MH., Rabu (8/6) ketika mempresentasikan program kerja yang telah dan akan dilaksanakan di Kabupaten Mimika pada Pelaksanaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Bupati dan Wali kota Se-Papua yang dilaksanakan di  Sasana Krida Kantor Gubernur Provinsi Papua mempertanyakan kepada Gubernur Papua, Lukas Enembe terkait alasan menurunnya alokasi dana Otonomi Khusus (Otsus) yang diberikan untuk Mimika.

“Saya heran kenapa alokasi dana Otsus ke Mimika itu selalu menurun khususnya dengan KPS,”ujar Bupati Eltinus.

Dijelaskan, Pemda Mimika telah bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, yakni dengan mengalokasikan anggaran untuk mengcover pelayanan kesehatan kepada masyarakat.“Dan hal ini kami mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Pusat,” katanya. 

Dalam presentasinya juga, Bupati Eltinus menyampaikannya secara detail dan komprehensif seperti, pencapaian program-program pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat dibidang pendidikan dan kesehatan, ekonomi  kerakyatan dan infrastruktur, khususnya dalam implementasi pelaksanaan Peraturan Daerah Khusus (Perdasus) Nomor 13 Tahun 2016, tentang alokasi dan pembagian penerimaan dan pengelolaan Dana Otsus 80 persen ke kabupaten dan kota.

Selanjutnya, Bupati Eltinus juga memaparkan terkait program gerbang emas, Kartu Papua Sehat (KPS)  dan prospek pendataan Orang Asli Papua (OAP), serta pelaksanaan Perdasi Nomor 15 tentang pelarangan produksi, peredaran dan juga  penjualan minuman beralkohol.                 
                               
Pertanyaan Bupati Eltinus terkait pengalokasian dana Otsus tersebut langsung ditanggapi Gubernur. Dijelaskan, dana Otsus harus dialokasikan sesuai kebutuhan dan program dari setiap daerah, agar pelayanan dan derajat kesehatan masyarakat Papua terus meningkat.

“Penyaluran dana Otsus itu harus disesuaikan dengan kebutuhan supaya derajat kesehatan masyarakat kita di Papua ini bisa semakin meningkat,”ungkap Gubernur. (Acik)

Bagikan ke Google Plus

0 komentar:

Post a Comment