Dana Otsus Mimika Diprioritaskan Khusus Suku Amor

Bagikan Bagikan
Eltinus Omaleng
SAPA (TIMIKA) - Bupati Mimika, Eltinus Omaleng , SE.,MH  mengatakan, penggunaan dana Otonomi Khusus (Otsus) yang diberikan khusus untuk Kabupaten Mimika harus diprioritaskan bagi dua suku besar yaitu Suku Amungme dan Kamoro (Amor).

Bupati Omaleng usai menghadiri rapat evaluasi penerapan dana Otsus bersama seluruh Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Pendopo Rumah Negara, Jalan Cenderawasih, SP 3, Distrik Kuala Kencana, Selasa (13/6) menjelaskan, pihaknya melakukan pertemuan sebagai tindaklanjut usai melakukan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Bupati dan Walikota se-Papua yang digelar di Provinsi beberapa waktu lalu.

“Rapat ini membahas mengenai penggunaan dana Otsus yang harus diprioritaskan bagi dua suku yaitu Amungme dan Kamoro. Karena memang kita mau Otsus yang khusus itu harus diperuntukan bagi dua suku besar itu,"ungkapnya.

Dijelaskan, mengenai dana Otsus tersebut harus benar-benar fokus, karena hal tersebut dialokasikan sesuai dengan pemanfaatan atau penggunaannya guna meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat.

“Karena memang dana Otsus itu untuk OAP (Orang Asli Papua). Misalnya, kita yang ada di Kabupaten Mimika ini ada dua suku, sehingga dana Otsus bagi pendidikan,kesehatan maupun infrastruktur melalui tenaga kerja itu harus fokus dan benar-benar dipergunakan dengan baik,”tuturnya.

Kata Bupati Omaleng, dana Otsus khusus pendidikan selama ini selalu bermasalah, sebab masih ada beberapa daerah yang menerima bantuan dana Otsus dengan mengatasnamakan dari Kabupaten Mimika. Dengan demikian, yang seharusnya bukan anak Mimika bisa bersekolah hingga ke luar Papua, bahkan ada yang sampai ke luar Negeri.

“Saat ini kita akan perketat dan mendata ulang, karena mereka sering memakai atas nama suku Amor. Kita tidak mau lagi menggunakan dana itu dengan sasaran yang salah,"ungkapnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment