Dinkes Tidak Programkan Pembangunan Fisik

Bagikan ke Google Plus
Ilustrasi
SAPA (TIMIKA) – Keterlambatan penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) juga mendekati penutupan tahun 2017, maka Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mimika tidak akan memprogramkan pembangunan atau kegiatan fisik. Tetapi tetap memprioritaskan program-program yang sedang berjalan. 

Kadinkes, Philipus Kehek saat diwawancarai di Pendopo  Rumah Negara, Jalan Cenderawasih, SP 3,  Distrik Kuala Kencana, Selasa (20/6) mengakui, salah satu program prioritas yang harus terus dilanjutkan dalam waktu kurang lebih enam bulan berjalan adalah penyediaan obat. Sebab ketersediaan obat harus selalu ada, karena obat merupaka kebutuhan yang harus terpenuhi dalam kehidupan masyarakat  Mimika.

“Untuk pembangunan fisik itu sama sekali tidak ada, karena waktunya singkat. Kami akan terus fokus untuk mengerjakan program-program yang selama ini kami lakukan, khusus untuk persediaan obat,” ungkap Kehek.

 Selain hal tersebut kata Kehek, ada juga program-program lain selain program pembangunan fisik yang siap dilanjutkan dalam waktu dekat. Namun dirinya pun tidak bisa merincikan seberapa banyak program tersebut dan kapan dilakukan, sebab harus dilakukan evaluasi terdahulu.

Diakuinya bahwa memang Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE., MH telah berencana membangun Puskesmas di kampung Ipaya, akan tetapi pembangunan tersebut tidak dimasukan dalam anggaran tahun berjalan, melainkan kemungkinan akan dianggarkan tahun berikutnya.

“Untuk Puskesmas Ipaya itu, saya rasa sudah  tidak mungkin lagi kalau kita bangun dengan anggaran yang sekarang, apa lagi dengan waktu yang ada. Kemungkinan itu nanti dianggarkan tahun depan,”tuturnya.

Sedangkan terkait dengan besaran anggaran yang saat ini dikelola setelah dilaksanakannya Penetapan  APBD, Senin (19/6) dirinya mengakui belum mengetahui secara pasti berapa jumlah anggaran Dinkes secara keseluruhan, namun Ia memastikan di tahun ini tidak ada pembangunan fisik.

“Saya juga belum tahu pasti berapa anggaran yang kami pegang tahun ini. Yang jelas kami hanya untuk melanjutkan program yang selama ini sudah kami lakukan.” Ujarnya. (Acik) 
Bagikan ke Google Plus

0 komentar:

Post a Comment