Dishub Provinsi Kunjungi Bandara Baru Mimika

Bagikan ke Google Plus
HL - Bupati Eltinus Omaleng, SE.MH didampingi Kadiahubkominfo, Jhon Retob ketika berbincang dengan kadihub Provinsi
SAPA (TIMIKA) - Menjelang berjalannya kegiatan pembangunan Apron yang langsung ditangani Provinsi, Selasa (13/6), Dinas Perhubungan Provinsi Papua kunjungi Bandara Baru Mimika untuk mensurvei lokasi pembangunan apron tersebut.

Kadishub Provinsi, R.D Ambrauw. S.Sos. M.Si., saat diwawancarai di kompleks Bandara Baru, Jalan Baru saat melakukan survei mengakui, sebelum memulai membangun tentunya sangat penting untuk melakukan koordinasi bersama pemerintah kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Perhubungan, sehingga tidak terjadi adanya tumpang tindih.

"Tadi sudah kami lakukan koordinasi dengan Dishub Mimika juga dengan Bapak Bupati. Ini luar biasa sekali karena Bupati juga sangat antusias dan memberikan putusan untuk kami bangun Apron,"tuturnya. 

Dijelaskan, pihaknya telah mendengar bahwa  tahun ini juga dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN),  Kementerian, APBD dan Provinsi juga akan masuk. Dengan demikian menurut dia, berdasarkan masukan yang diterima dari Bupati dan Dishubkominfo Mimika, bahwa pembangunan Bandara Baru harus dibuat sebaik mungkin, maka pihaknya akan melakukan konsultasi bersama konsultan.

Dijelaskan besaran anggaran yang akan dipakai dalam pembangunan tersebut sama sekali belum bisa dipastikan, meski sebelumnya pihaknya telah mengusulkan dana sebesar lima miliaran. 

Kata dia, jumlah anggaran tersebut bisa saja mencakupi ataupun sebaliknya, sebab sebelum dilakukan pengkajian oleh pihak konsultan, maka target anggaran belum bisa diputuskan. Apalagi berdasarkan keinginan Bupati bahwa Runay dan fasilitas lainnya harus dibangun dengan kapasitas yang nyaman, aman dan bisa melayani banyak rute. Sebab seiring berkembangnya waktu maka rute pun akan bertambah.

"Kami masih harus diskusikan dengan konsultan terkait lima miliar tersebut, berapa meter persegi yang harus kita bangun,"ujarnya.

Diakuinya, berdasarkan keinginan Bupati dan Kadiahubkominfo, pembangunan Bandara baru Pemkab Mimika harus dibangun secara baik mengingat akan dijadikan sebagai Bandara penyangga bagi sembilan daerah tetangga. Dimana sebagai tempat persinggahan jika ada penerbangan ke pedalaman ataupun daerah lainnya.

Terkait hal tersebut, dirinya pun mengharapkan adanya jalin kerja sama yang baik antara Pemkab Mimika dengan Provinsi. Sebab meski pengerjaanya akan dilakukan oleh Dishub Provinsi, namun demi kelancarannya tetap harus butuh keterlibatan Pemkab.

"Untuk target penyelesaiannya itu saya belum bisa pastikan, karena harus kembalikan dengan anggaran dan kelancaran yang lainnya. Intinya kerja sama yang baik saja supaya lancar,"tuturnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus

0 komentar:

Post a Comment