Dishubkominfo akan Bangun BTS Telkomsel di Kokonao

Bagikan Bagikan
Jhon Rettob
SAPA (TIMIKA) – Untuk pemerataan layanan komunikasi ke daerah pedalamam di Mimika, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika melalui Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) akan terus bekerja sama dengan PT Telkomsel untuk menabah pembangunan Base Transceiver Station (BTS), namun dikarenakan sempitnya waktu penutupan tahun anggaran, maka yang akan ditambah dalam tahun berjalan hanya satu titik yakni di Kokonao.

“Sebenarnya untuk tahun ini ada dua wilayah lagi selain Kokonao, tapi dikarenakan persoalan anggaran dan waktu, maka terpaksa kita bangun yang di Kokonao saja. Kita harapkan di akhir tahun ini sudah bisa selesai dikerjakan,”ungkap Kadishubkominfo, JhonRettob, S.Sos, MM ketika diwawancarai di ruang kerjanya, Rabu (21/6).

Dijelaskan, pembangunan BTS Telkomsel tersebut merupakan salah satu program prioritas yang ditargetkan tuntas dikerjakan dalam waktu singkat menjelang penutupan tahun anggaran 2017.

Pembangunan BTS yang merupakan kerjasama bersama Telkomsel tersebut, Dishubkominfo yang bertanggungjawab untuk menyediakan atau mendirikan menara, tanah atau lahan, power suplay dan Telkomsel hanya menyediakan perangkat penjaringan.

Meski demikian menurut Jhon, Dishubkominfo dalam hal ini Pemkab Mimika masih memiliki keuntungan ganda sebab, jika suatu saat ada perusahaan lain yang mau menyewa BTS tersebut, maka akan menambah Pemasukan Asli Daerah (PAD) Mimika. Misalnya, Satelindo hendak menumpang, maka akan diberikan dalam bentuk sewaan.

“Kita untung juga kalau kita yang bangun manaranya, karena nanti ada perusahaan seperti Satelindo ingin memasang akses ke wilayah tersebut, maka sudah pasti menara kita yang akan dipakai. Sementara kalau Telkomsel yang bangun berarti tidak bisa dibawa ke mana-mana,”ungkapnya.

Sementara itu, berkaitan dengan menjelang Smart City, maka menara BTS tersebut akan dijadikan sebagai menara pemasangan jaringan IntraNet agar bisa membagi informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan tertentu kepada karyawan dan kemitraan, termasuk dalam lingkup pemerintahan.

“Jadi kalau misalnya Telkomsel dan Satelindo belum memilki IntraNet tersebut berarti mereka harus ijin ke Pemkab. Itu juga akan kita usahakan agar bisa diselesaikan tahun depan, supaya Pemkab Mimika bisa punya rahasia link sendiri,”tuturnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment