Dispendasbud Komitmen Benahi Mutu Pendidikan SD dan SMP

Bagikan Bagikan
Ilustrasi
SAPA (TIMIKA) – Dalam memasuki tahun ajaran baru, Dinas Pendidikan Dasar dan Kebudayaan (Dispendasbud) Kabupaten Mimika memiliki komitmen untuk terus membenahi mutu pendidikan Sekolah Dasar (SD) dan SMP se-Kabupaten Mimika.

Kepala Dispendasbud Mimika, Jenni O. Usmany mengatakan pembenahan tersebut akan dimulai dari kinerja para guru, khususnya guru Pegawai Negeri Sipil (PNS). Sebab menurut Jenni, kekuatan mutu pendidikan sekolah negeri terdapat pada guru PNS.

“Kalau dalam satu sekolah ada 12 PNS, kenapa harus rekrut guru honor? Itu sangat membuang-buang uang yang sebenarnya tidak perlu. Makanya keuangan itu selalu saja tidak pernah cukup," katanya ketika melakukan pertemuan bersama beberapa Kepala SD dan SMP di SD Inpres Koperapoka III baru-baru ini.

Kata Jenni, jika dalam satu sekolah sudah memilki tenaga PNS yang cukup, maka tidak harus merekrut tenaga honor. Hal ini untuk menghindari keluhan kekurangan keuangan. 

Kata dia, keuangan harus diatur dengan baik, karena jika ada kelebihan akan diberikan kepada setiap guru secara merata sebagai bentuk dukungan. Akan tetapi guru jangan terlalu mengharapkan adanya dukungan tambahan, sebab insentif PNS selalu dibayar setiap bulannya.

Menyangkut ujian SD dan SMP yang telah selesai dilaksanakan, menurut Jenni hasilnya sangat bagus, dan mudah-mudahan hasil itu akan sesuai dengan proses.

Jenni mengakui pihaknya telah melakukan survei ke beberapa sekolah dan menemukan ada beberapa hal yang tidak beres. Maka dengan demikian, Jenni mengharapkan sekolah-sekolah tersebut harus bisa berbenah pada tahun ajaran baru.

"Saya tidak bangga kalau nilai seorang murid mencapai 8 atau 9, namun prosesnya tidak ada. Kalau pun hasilnya cuma 4 atau 6, tapi jika prosesnya bagus, maka itu yang lebih baik," katanya.

Pemerintah Pusat melalui Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) terus mendorong mutu pendidikan yang dimulai dari kematangan kepala sekolah dan para guru, terlebih khusus PNS. Maka dengan demikian selaku Kepala Dispendasbud, Ia pun terus berkomitmen untuk menerapkan ketentuan dari pusat.

“Saya minta maaf kalau dalam masa kepemimpinan saya ada hal-hal yang di rasa itu sangat menekan. Tapi ini harus dilakukan, karena saya hanya menjalankan ketentuan-ketentuan nasional,” katanya. (Acik Nasma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment