Gedung Penyuluhan KB Belum Bisa Difungsikan

Bagikan Bagikan
Alice Wanma 
SAPA (TIMIKA) - Gedung khusus untuk penyuluhan program Keluarga Berencana (KB) yang dibangun oleh Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3KB) 2016 lalu hingga saat ini masih belum bisa difungsikan. Hal ini disebabkan belum dilengkapi dengan fasilitas pendukung.

"Karena gedung ini untuk pelayanan masyarakat, maka bagaimanapun harus dilengkapi semua fasilitas di dalamnya. Gedung itu sama saja dengan kantor, karena akan ada petugas pelayan masyarakat yang akan melayani masyarakat setiap hari kerja,"kata Kepala BP3A dan KB Kabupaten Mimika, Alice Wanma saat ditemui diruang kerjanya, Jumat (16/6).

Dijelaskan, gedung pelayanan yang sudah dibangun tersebut, akan disediakan peralatan-peralatan kontrasepsi dan obat-obatan. Karenanya, suhu udara di dalam ruangan harus diatur sedemikian rupa, agar obat-obatan dan peralatan tidak cepat rusak.

Lanjutnya, karenanya, dibutuhkan air conditioner (AC), untuk menyesuaikan suhu dalam ruangan.

“Ya intinya, gedung itu harus dilengkapi fasilitasnya untuk menunjang pelayanan kepada masyarakat,”ujarnya.

Kata Alice, mengenai anggaran untuk melengkapi fasilitas sudah ada. Namun dikarenakan pembangunan gedung tersebut merupakan program yang disatukan dengan Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit. 

"Kami ambil bagian dalam penyuluhan KB. Tapi kita satu saja dengan Dinkes,"tuturnya.

Ia menambahkan, dalam program yang menggunakan dana alokasi Khusus (DAK) jika terlambat melaporkan, maka akan mempengaruhi yang lainnya. Namun diakuinya, pihaknya sangat beruntung karena pembangunan dua balai penyuluhan KB yakni di Timika Jaya dan Kelurahan Wania. Serta satu gedung gedung yang akan dijadikan gudang obat-obatan.

"Mudah-mudahan bisa dilanjutkan usai penetapan APBD nanti. Kita sebenarnya sangat berharap agar semuanya bisa diselesaikan secara bersamaan. Sehingga langsung bisa difungsikan, tapi itu lah yang namanya pembangunan pasti selalu ada kendala-kendalanya, "ujarnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment