Guru Pedalaman Harus Bergaul dengan Orang Tua

Bagikan ke Google Plus
Jenni O. Usmany
SAPA (TIMIKA) - Kepala Dinas Pendidikan Dasar dan Kebudayaan (Dispendasbud) Kabupaten Mimika, Jenni O. Usmany, menegaskan agar para guru yang bertugas diwilayah pedalaman dapat menjalin hubungan baik atau silaturahim dengan seluruh orang tua murid dimana tempatnya mengajar. Hal itu dimaksudkan agar para guru dapat mengetahui alasan kenapa sehingga banyak anak-anak diwilayah pedalaman tidak ke sekolah.

“Guru itu tidak boleh angkuh, dan harus bergaul. Guru harus bisa menjalin hubungan baik bersama orang tua murid. Kalau ada anak yang tidak sekolah, harus di cek ke orang tuanya,” kata Jenni dalam pertemuan bersama beberapa Kepala SMP dan SD di SD Inpres Koperapoka III baru-baru ini.

Jenni menegaskan hal ini dikarenakan selama ini banyak orang tua murid khusus di wilayah pedalaman yang mengaku tidak mengenal guru-guru yang mengajar di sekolah setempat. Oleh karenanya menurut Jenni dengan menjalin hubungan baik bersama masyarakat tentunya akan memberikan dampak baik bagi guru itu sendiri, dimana jika sesewaktu guru tersebut mengalami masalah, maka masyarakat setempat yang menjadi penolong pertama terhadap guru.

“Kalau kamu (Guru) ada masalah, siapa yang mau bantu? Itu makanya harus berbaur juga dengan masyarakat,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Jenni juga mengharapkan para guru di wilayah pedalaman harus bisa berperan ganda, selain mengajar guru juga harus bisa menjadi pelayan di gereja. Kata Jenni, masyarakat di wilayah pedalaman jarang mengenal hari minggu, sebab mereka lebih mengutamakan untuk mencari nafkah ketimbang beribadah. Karena itu, kata Jenni, tugas guru adalah menjadi pelayan gereja untuk mengajak masyarakat agar dapat beribadah di hari minggu.

“Saya tahu kebiasaan guru di pedalaman, asal ada transportasi yang mau ke Timika, pasti dorang (Mereka) juga ikut, terus pulangnya tidak tahu kapan,” ungkap Jenni.

Jenni menegaskan lagi bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) saat ini sangat menekankan kualitas dan pemerataan pelayanan pendidikan. Terkait hal itu, Jenni selaku Kepala Dispendasbud akan terus menerapkan apa yang diinginkan kementerian, agar pelayanan pendidikan di Mimika bisa dirasakan betul oleh masyarakat.

“Terserah kalian mau bilang saya kejam atau yang lainnya. Saya akan terus menerapkan peraturan," tuturnya. (Acik Nasma)
Bagikan ke Google Plus

0 komentar:

Post a Comment