Hanya Enam Kandidat Bacabup-Wabup Daftarkan Diri di Golkar Mimika

Bagikan ke Google Plus
Kantor Golka Mimika
SAPA (TIMIKA) –  Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar Kabupaten Mimika resmi menutup pendaftaran  Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati (Bacabup-Wabup), pada Kamis (15/6). Dengan demikian, hanya ada enam kandidat yang mendaftarkan diri.

Sekretaris DPD Golkar Kabupaten Mimika, Rizal Pata’dan menjelaskan, setelah berkahirnya masa pendaftaran, maka selanjutnya berkas keenam kandidat tersebut akan diverifikasi sebelum dikirim ke DPD Golkar Provinsi Papua. 

“Pendaftaran terakhir besok (Kamis 15/6-red) setelah itu akan dilakukan verifikasi berkas lalu dikirim ke DPD Golkar Provinsi Papua,” kata Rizal saat ditemui wartawan di sekretariat Partai Golkar, Jalan Cenderawasih, pada Rabu (14/6). 

Setelah pendaftaran ditutup, maka berdasarkan jadwal dari Partai, pada tanggal 24 dan 25 Juni akan dilakukan verifikasi di Provinsi. Kemudian pada tanggal 29 Juni hingga 6 Juli mendatang Provinsi akan  siapkan fit and proper test.

“Hasilnya akan disampaikan ke Ketua DPD Provinsi untuk selanjutnya disampaikan ke DPP Golkar di Pusat,” katanya.

Setelah enam orang direkomendasikan ke DPP, maka DPP Golkar akan melakukan survei langsung ke masyarakat, untuk mengetahui tingkat popularitas dan elektabilitasnya. Hal ini sangat terkait dengan potensi kemenangannya. Oleh karena itu menurutnya, calon yang akan diusung oleh Golkar nanti bisa saja tidak berasal dari Partai, tergantung dari hasil survei yang dilakukan oleh pusat.

“Hasil survei ini kan tidak terbantahkan, karena menggunakan metode ilmiah dan langsung kepada masyarakat,” katanya.

Ia menyebutkan keenam kandidat tersebut yaitu, Eltinus Omaleng yang juga Ketua Umum DPD II Partai Golkar Mimika, Paulus Yanengga - Abdul Muis, Wilhelmus Pigai, Kamaniel Kiwak, Ham Kora dan Nurman S Karupukaro.

Ia menambahakn, berdasarkan Juklak 06/DPP/Golkar/VI/ 2016, Partai memberikan peluang kepada siapa saja kader terbaik Partai untuk maju dalam momentum Pilkada, baik Pilkada Gubernur, Bupati, dan Wali Kota. Termasuk di dalamnya dijelaskan secara komprehensip bagaimana Partai Golkar melakukan proses penjaringan calon kepala daerah.

Pembukaan pendaftaran yang dilakukan h DPD II Partai Golkar Kabupaten Mimika adalah bagian dari mekanisme penjaringan bakal calon yang akan diusung dalam Pemilukada Mimika tahun 2018. (Ricky Lodar)
Bagikan ke Google Plus

0 komentar:

Post a Comment