Hingga Mei, Pencaker Mimika Capai 3054 Orang

Bagikan Bagikan
Antrian di loket pengurusan Kartu Kuning Disnakertrans
SAPA (TIMIKA) - Sejak Januari hingga Mei 2017, jumlah pencari kerja (Pencaker) di Kabupaten Mimika mencapai 3054 orang. Hal tersebut diketahui dalam data kepengurusan Kartu Kuning pada Kantor Dinas Ketenagakerjaan, Transmigrasi dan Perumahan Rakyat (Disnakertrans PR).

Kepada Bidang (Kabid) Penempatan dan Pelatihan Tenaga Kerja, Jehuda B.B Akobiarek, SH., MH ketika diwawancarai di ruang kerjanya, Jumat (16/6) mengakui, jumlah tersebut merupakan yang telah terdata sejak Januari hingga akhir Mei. Sedangkan untuk jumlah pencaker di Bulan Juni, belum diketahui, sebab harus diurut berdasarkan hari atau tanggal kepengurusan.

"Kalau kita hitung hingga tanggal hari ini (Kemarin Red) bisa saja lebih dari itu. Karena setiap hari itu biasa lebih dari sepuluh orang yang datang mengurus,"ujar Jehuda.

Diakui, setiap pengurus Kartu Kuning memiliki tujuan yang sama yakni, untuk mencari pekerjaan.

“Yang urus kartu kuning itu semua sama saja banyaknya, baik yang lulusan SMA dan SMK begitu juga yang lulisan perguruan tinggi," katanya.

Kata Jehuda, seiring perkembangan waktu, pertumbuhan lapangan pekerjaan di Mimika semakin bertambah baik usaha kecil, menengah hingga yang besar. Dengan demikian, jumlah pencaker pun ikut bertambah.

"Mimika ini boleh dibilang kota industri karena itu pertumbuhan tempat usaha kian mengikuti bertambahanya lapangan kerja,” ujarnya. 

Ia menambahkan, kebutuhan akan Kartu Kuning tidak terpengaruh dengan ada atau tidak adanya moratoriun, karena kebutuhannya pun secara pasti selalu dibutuhkan. 

"Intinya Kartu Kuning ini merupakan salah satu kewajiban yang harus dimilki oleh semua pencaker, sehingga biar bukan untuk melamar ke PTFI, tapi sudah pasti dibutuhkan sebagai persyaratan berkas di tempat kerja lainnya,"ungkapnya. (Acik) 
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment