Kapolres Imbau Demo SPSI Berjalan Tertib

Bagikan ke Google Plus
Demo SPSI beberapa waktu yang lalu
SAPA (TIMIKA) - Kapolres Mimika AKBP Victor D Mackbon,SH.,SIK., MH.,MSi mengimbau kepada seluruh peserta demo dari PC SP-KEP SPSI Mimika melaksanakan aksinya dengan tertib. Sehingga tidak mengganggu ketertiban umum.

“Saya minta, besok (hari ini,red) dalam melaksanakan aksi demo oleh karyawan berjalan dengan tertib. Sampaikan aspirasi sesuai aturan, baik itu ke Bupati ataupun Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), pada Selasa (6/6),” kata Kapolres AKBP Victor Mackbon.

Kapolres menerangkan, dalam melakukan aksi demo ke Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, SPSI sudah menyerahkan surat pemberitahuan. Dimana sebelumnya surat pemberitauan yang belum lengkap, karena tidak dicantumkan waktu dan siapa yang menjadi koordinator. Tetapi setelah diberikan arahan, mereka (SPSI,red) sudah melengkapi hal tersebut. 

"Mereka (SPSI,red) sudah melengkapi surat yang telah disampaikan, baik itu waktu ataupun koordinator kegiatan,”katanya.

Ia menjelaskan, kenapa waktu dan koordinator itu penting dicantumkan. Karena berdasarkan aturan, untuk pelaksanaan demo ataupun unjuk rasa berakhir pada pukul 18.00. Sehingga, hal itu harus dicantumkan dalam surat dan wajib dipatuhi bagi peserta demo.

Sementara untuk koordinator, kata Kapolres, hal ini sangat penting, karena berkaitan dengan penanggungjawab kegiatan. Sehingga apabila dalam pelaksanaan unjuk rasa ada hal yang harus dipertanyakan atau dipertanggungjawabkan secara hukum, maka koordinator itulah yang bertanggungjawab.

“Semua sudah dilengkapi oleh pengunjuk rasa,”ujarnya.

Ia menambahkan, untuk mengawal dan mengamankan aksi unjuk rasa ini, aparat keamanan menyiapkan sedikitnya 700 personel gabungan TNI-Polri. 

Dimana, pihaknya akan melakukan pengawalan terhadap aksi tersebut. Sehingga diharapkan semuanya berjalan dengan lancar dan tertib.

"Prinsipnya, kami tetap memberikan pengamanan karena itu adalah hak. Karenanya, kami imbau agar kegiatan yang dilaksanakan tidak mengganggu kamtibmas,”tuturnya.

Aser Pastikan Demo Berjalan Aman

Aksi demo yang rencananya akan dilakukan di Kantor Sentra Pemerintahan SP3 pada,Selasa (6/6) nanti ditegaskan Pimpinan Cabang SPKEP SPSI tetap komit menggelar unjuk rasa damai.

"Pekerja yang mogok akan melakukan aksi demo damai. Kami peserta  mogok akan tetap jaga kamtibmas dan tentunya melakukan koordinasi dengan pihak TNI-Polri,"kata  Ketua PC SPKEP SPSI Mimika Aser Gobay di Jalan Kartini Sabtu (3/5).

Aser mengatakan, PC SPSI Mimika rencananya akan menggelar aksi unjuk rasa di Kantor Sentra Pemerintahan SP3 mulai Selasa (6/6) hingga Jumat (16/6). Surat pemberitahuan telah dilayangkan ke Polres Mimika dan ditembuskan ke intansi terkait lainnya.

Aser menegaskan, anggota PC SPKEP SPSI Mimika yang sedang mogok kerja dan akan melaksanakan unjuk rasa adalah bagian dari anak Indonesia dengan hak yang harus dihormati. 

“Saya meminta perusahaan tidak melakukan langkah-langkah yang bisa dinilai memancing atau memperkeruh suasana selama aksi mogok kerja berlangsung,”katanya.

Dalam suratnya, PC SPKEP SPSI Mimika akan menggelar aksi unjuk rasa di Kantor Sentra Pemerintahan SP3 mulai Senin (5/6) hingga Jumat (16/6). Secara faktual aksi unjuk rasa baru dimulai pada hari ini, Selasa (6/6). (Markus Rahalus)
Bagikan ke Google Plus

0 komentar:

Post a Comment