Kemendagri Dampingi Pengelolaan APBD Mimika

Bagikan Bagikan
Ilustrasi
SAPA (TIMIKA) - Bupati Kabupaten Mimika, Eltinus Omaleng, SE., MH mengatakan, bahwa dikarenakan terlambatnya penetapan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD) Induk Kabupaten Mimika 2017, maka pengelolaan keuangan Pemkab Mimika didampingi secara khusus oleh tim dari Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Keuangan Bajet Khusus, dan Pemerintah Provinsi Papua.

"Memang betul karena keterlambatan kita tahun ini, maka untuk anggaran yang kemarin telah ditetapkan itu kita akan didamping sampai perubahan, bahkan hingga APBD 2018,"ujar Omaleng ,” kata Omaleng saat diwawancarai usai penyerahan Dokumen Pelaksana Anggaran (DPA) kepada seluruh SKPD di Rumah Negara, SP 3, Distrik Kuala Kencana, Selasa (20/6).

Dijelaskan, dirinya sangat setuju jika memang tim tersebut benar-benar berjalan untuk mendampingi Pemkab Mimika dalam pengolaan APBD tersebut. Sebab dengan demikian Pemkab Mimika berkesempatan baik dalam mematangkan proses pengelolaan keuangan.

Selain hal tersebut, ia juga mengatakan, terhitung per Juli mendatang Pemkab Mimika akan menggenjot penetapan APBD Perubahan, sebab dinilai terlambat dalam penetapan APBD Induk.

“Jika Tuhan berkehendak, hingga bulan yang ditargetkan tersebut, Pemkab Mimika memilki anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), maka perubahan pun akan ditetapkan melalui DPRD, namun jika tidak, maka akan memakai Peraturan Bupati,” jelasnya.

Ia menambahkan, Pemkab Mimika akan terus berjuang sehingga dalam beberapa bulan sisa kedepan, semua yang selama ini belum diselesaikan bisa dituntaskan. 

"Untuk perubahan itu masuk Bulan Juli sudah harus betul-betul kita genjot. Kita sama-sama berharap supaya Tuhan ijinkan kita bisa segera mempunyai DPRD, tapi kalau memang tidak ada DPRD terpaksa kita pakai Perbup saja," tuturnya.(Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment