Kodim Mimika Gelar Buka Puasa Bersama

Bagikan Bagikan
Suasana buka bersama yang digelar Kodim 1710 Mimika
SAPA (TIMIKA) – Komando Distrik Militer (Kodim) 1710/Mimika menggelar buka bersama dengan seluruh komponen masyarakat,di Aula Koramil 1710-02/Mimika, Jumat (2/6).

Acara buka puasa ini sekaligus dirangkai dengan kegiatan rutin Kodim yaitu, Komunikasi Sosial (Kosmos), dengan  mengusung tema “Melalui Penyelenggaraan Komunikasi Sosial Dengan Komponen Masyarakat Kita Tingkatkan Kemanunggalan Tni-Rakyat Dan Wawasan Kebangsaan Dalam Rangka Memperkokoh Persatuan Dan Kesatuan Bangsa".

Dandim 1710/Mimika Letkol Inf. Windarto dalam sambutannya mengingatkan semua pihak tentang pentingnya kewaspadaan terhadap informasi yang tidak dapat dibuktikan kebenarannya atau hoax. Kewaspadaan ini sangat penting, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan berbagai pihak.

"Jangan mudah percaya berita di media sosial. Cek dulu kebenarannya, konfirmasi ke pihak berwenang. Jangan sampai karena berita yang tidak jelas, lalu sesama saudara bertikai,"kata Windarto. 

Salah satu persoalan bangsa terkini, lanjut Windarto, yaitu kurangnya pengamalan nilai-nilai Pancasila. Apalagi kurikulum pendidikan tidak lagi memberikan porsi mata pelajaran pendidikan moral dan sejarah lahirnya Pancasila.

Padahal, kata dia, apabila nilai-nilai Pancasila dipelajari dan diamalkan, maka akan tercipta kerukunan antar semua kelompok dan golongan di Indonesia. Dan kondisi ini juga, menjadi tugas setiap orang tua memberikan pendidikan moral serta sejarah lahirnya Pancasila kepada anak-anaknya.

"Mari kita ajarkan ke anak-anak kita agar tetap mencintai NKRI. Jangan sampai perjuangan pendahulu kita terhempas begitu saja," ujar Windarto.

Sementara Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Mimika, Umar Habib mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi upaya Kodim 1710/Mimika yang terus menggalang komunikasi intensif antar elemen masyarakat. Karena dengan terjalinnya komunikasi yang intensif, maka semua persoalan bisa diselesaikan.

“Dalam satu meja tadi ada beberapa orang. Dan disana saya ngobrol dengan tamu undangan yang belum saya kenal. Dari obrolan tersebut, menciptakan susana baru dan informasi penting yang lainnya,”tutur Umar.

Kata dia, sejauh ini kerukunan dan toleransi antar umat beragama di Kabupaten Mimika telah terjalin baik. Salah satu buktinya terlihat saat perayaan hari besar keagamaan. Telah menjadi tradisi, umat beragama lain akan menjaga pelaksanaan ibadah pemeluk agama yang sedang berhari raya.

“Kondisi ini harus dipertahankan sampai kapanpun. Agar kerukunan umat beragama di Kabupaten Mimika tetap terjalin, dan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat tetap kondusif,”ungkapnya.(Markus Rahalus)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment