KPUD Mimika Belum Tahu Respon Bupati Terkait Hasil Pleno

Bagikan Bagikan
Derek Mote
SAPA (TIMIKA) – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Mimika hingga kini belum mengetahui respon Bupati Mimika Eltinus Omaleng, SE.,MH terkait hasil pleno keanggotaan DPRD Mimika periode 2014-2019 pada tanggal 10 Mei yang sudah diserahkan beberapa waktu lalu.

“ Kami belum mendapat informasi dari bupati, apakah SK tersebut sudah ditindaklanjuti atau tidak,” kata Divisi Teknis KPUD Mimika, Derek Mote, ST, yang dihubungi Salam Papua via seluler, Minggu (4/5).

Dijelaskan, pihaknya selaku penyelenggara hanya sebatas melakukan pleno ulang penyempuraan SK anggota DPRD Mimika. Namun, pihaknya tidak punya kewenangan untuk mengintervensi bupati maupun gubernur terkait hasil tersebut, karen itu merupakan kewenangan pemerintah.

 “Tugas kita (KPU-red) hanya sampai pada Pleno. Kita tidak punya kewenangan untuk mengintervensi bupati ataupun gubernur untuk memproses SK tersebut,” katanya.

Menurutnya, KPU adalah lembaga independen yang tidak dapat diintervensi atau mengintervensi. Sehingga setelah keputusan Pleno, KPU tidak perlu lagi ada komunikasi dengan DPRD Mimika. Sebab apa yang dihasilkan oleh KPUD Mimika melalui Pleno, selanjutnya menjadi tanggungjawab bupati untuk menyampaikan kepada gubernur, dan gubernur ke Menteri Dalam Negeri.

“Jadi berdasarkan Peraturan Pemilu Nomor 10 Tahun 2016, kewenangan KPU secara administrasi hanya memutuskan. Kita tidak punya kewenangan untuk sampai desak bupati atau gubernur untuk terbitkan SK, karena itu adalah keweanangan gubernur dan bupati ,” katanya lagi.

Ia menambahkan, saat ini yang dilakukan pihaknya, yakni fokus untuk mempersiapkan jalannya tahapan Pemilu serentak yang akan dimulai Agustus nanti. (Ricky Lodar)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment