Lulusan TK Tunas Yosua Siap Melanjutkan ke Jenjang SD

Bagikan ke Google Plus
Prosesi penamatan TK Tunas Yosua Timika
SAPA (TIMIKA) – Kepala TK Tunas Yosua Timika, Nontje Sampaouw, S.Pd mengatakan bahwa lulusan TK Tunas Yosua Timika siap melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya, yakni tingkat Sekolah Dasar (SD). 

“Lulusan dari TK Tunas Yosua Timika siap melanjutkan ke jenjang SD. Karena anak-anak ini sudah diberikan pembelajaran selama duduk di bangku TK,” kata Nontje saat ditemui Salam Papua usai penamatan TK Tunas Yosua angkatan 41 di Aula TK Tunas Yosua, Rabu (7/6).

Ia mengatakan, dalam pelaksanaan pembelajaran pihaknya lebih fokus pada bidang pengembangan. Hal ini dikarenakan untuk masa TK pembelajaran yang lebih ditekankan adalah psikomotorik (Keterampilan). Hal itulah sehingga pihaknya lebih memperkuat kepada keterampilan anak-anak yang disesuaikan dengan kurikulum pendidikan, khususnya di bidang pengembangan.

“Dalam pelaksanaan pembelajaran, kami mengacu pada kurikulum yang ada. Dengan ditambah atau dipandu dengan buku dan alat peraga yang ada di sekolah. Sehingga bisa meningkatkan psikomotorik anak,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, dalam pembelajaran di TK lebih menerapkan belajar sambil bermain. Sehingga pelaksanaan pembelajaran tidak hanya dilaksanakan di dalam ruangan, tetapi juga di luar kelas. Hal ini bertujuan untuk mengaplikasikan apa yang sudah didapatkan di dalam kelas. 

“Misalnya, di dalam ruangan diajarkan tentang binatang ataupun bagian tumbuhan. Maka kami ajak ke luar untuk melihat langsung. Sehingga anak-anak ini tidak meraba-raba apa yang diajarkan. Sekaligus ini juga mengajarkan tentang warna-warni,” terangnya.

Lanjutnya, dengan pemberian materi ini maka lulusan TK Tunas Yosua sudah siap melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya, yakni SD. Walaupun demikian, apa yang dilakukan oleh sekolah ini tidak terlepas dari dukungan pihak orang tua murid dan yayasan. 

“Kami ucapkan terimakasih kepada orang tua, yang telah memberi kepercayaan kepada sekolah untuk mendidik anak-anak. Kami yakin, anak-anak ini siap melanjutkan ke jenjang SD. Dan kami harap, orang tua memperhatikan hal tersebut. Karena pendidikan sangat penting untuk masa depan anak-anak kita,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua Yayasan Tunas Yosua, Richard Lubis, SE mengatakan anak-anak yang ditamatkan masih pemula, merekalah yang nantinya menjadi harapan dan kebanggaan bangsa. Karenanya perlu dukungan dari semua pihak, khususnya orang tua untuk terus melanjutkan pendidikan anak-anak tersebut.

“Waktu terus cepat berlalu, dimana anak-anak berubah menjadi remaja dan dewasa. Karenanya, perlu dibekali dengan pendidikan. Oleh sebab itu, sudah tugas orang tua untuk mempersiapkan dan memperhatikan hal tersebut, demi masa depan anak-anak kita,” tuturnya. (Red)
Bagikan ke Google Plus

0 komentar:

Post a Comment