Masyarakat Harus Memahami Makna Pancasila

Bagikan Bagikan
Foto Bersama Usai Upaca hari Kesaktian Pancasila
SAPA (TIMIKA) - Kapolres Mimika, AKBP Viktor Mackbon mengatakan, dalam peringatan Hari Lahirnya Pancasila, sebagai generasi penerus bangsa kita harus memahami makna dari dasar Negara kita, yakni Pancasila lahir untuk mempersatukan perbedaan yang ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

 "Seperti pada sambutannya Presiden Joko Widodo, bahwa sudah kodrat negara Indonesia adalah keberagaman. Dari Sabang sampai Merauke adalah keberagaman. Dari kebergaman itulah kita disatukan dengan Pancasila yang di dalamnya terdapat Bhineka Tunggal I
ka,"kata Kapolres usai kepada wartawan usai mengikuti Upacara Peringatan Lahirnya Pancasila, di SMAN 1 Timika, Jalan Yos Sudarso, Kamis (1/6).

Kata dia, keberagaman inilah yang membuat para pendiri bangsa meletakkan dasar-dasar ketatanegaraan yang kuat bagi Indonesia. Sehingga Bangsa Indonesia ini kuat dan bersatu sampai saat ini. Karenanya sebagai warga negara yang baik, harus menjunjung nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa, terlebih khusus untuk TNI-Polri, dan PNS. 

“Sebagai anggota TNI-Polri, dan PNS wajib hukumnya untuk memulai memelopori, memberi contoh dan teladan berbuat yang terbaik, dengan cara yang baik dan benar, baik dalam kedinasan maupun dalam lingkungan kemasyarakatan,” kata Victor. 

Ditempat yang sama, Dandim 1710/Mimika, Letkol Inf. Windarto mengatakan, lewat Hari Lahirnya Pancasila ini, maka semua masyarakat di Kabupaten Mimika lebih memaknai apa itu Pancasila sendiri. 

"Karena kita lihat dari massa orde baru hingga sekarang ini masih banyak masyarakat yang belum memahami makna dari Pancasila. Kalau masyarakat terutama generasi muda sudah memahami Pancasila maka,tidak terjadi demonstrasi dan akan timbul rasa cinta tanah air, serta iman dan ketakwaan mereka kepada bangsa ini semakin besar dengan rasa persatuan dan kesatuan antar sesama semakin besar,"kata Dandim. (Markus Rahalus)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment