Masyarakat Mimika Diajak Hidup Bersih

Bagikan ke Google Plus
Tumpukan Sampah di Pasar Lama
SAPA (TIMIKA) – Dinas Tata Kota (Distako) Kabupaten Mimika akan mencoba fokus dalam meningkatkan Kota Timika yang lebih bersih. Demikian disampaikan Kepala Distako Kabupaten Mimika, Petrus Lewa Koten.

Petrus Lewa Koten yang menggantikan Yohanis Bato setelah dilakukan rolling jabatan di lingkup Pemkab Mimika oleh Bupati Mimika, Eltinus Omaleng,SE.,MH di Graha Eme Neme Yauware,pada Senin (19/6) mengatakan, peningkatan Kota Timika menjadi lebih bersih ini akan dimulai dengan menanamkan nilai-nilai kebersihan kepada masyarakat. Ini dilakukan, karena ini sebagai sebuah ukuran bagaimana orang menilai Timika melalui pemandangan di setiap sudut-sudut kotanya. 

“Saya rasa untuk menciptakan Kota Timika bersih, maka pertama kali yang harus ditanamkan pola hidup bersih kepada masyarakat,”katanya usai penyerahan Dokumen Penggunaan Anggaran (DPA) oleh Bupati Eltinus Omaleng di Pendopo, Selasa (20/6).

Kata dia, namun program apa yang akan dilakukan, pihaknya belum mengetahui. Hal ini dikarenakan baru dilakukan rolling pejabat dan penyerahan DPA oleh Bupati. Oleh itu, pihaknya akan melihat seluruh program yang sudah direncanakan. Dan akan melaksanakan program tersebut, setelah adanya serah terima jabatan (sertijab) dari pejabat lama kepada dirinya. 

Lanjutnya, namun demikian, untuk penanaman pola kebersihan kepada masyarakat akan tetap dilakukan. Misalnya, masyarakat diajak untuk tidak membuang sampah di median jalan. Karena itu akan merusak pemandangan kota, karena terkesan kotor dan kumuh. Disamping itu, program rutin akan terus dilakukan Distako, yakni pembersihan sampah di Kota Timika.

 “Saya belum bisa pastikan program apa yang kedepanya dilakukan. Tapi yang pasti pekerjaan rutin akan terus kami lakukan seperti. Sembari itu, kami akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang hidup bersih,” ujarnya.

Ia menambahkan, dengan jabatan yang baru ini, dirinya optimis bisa menciptakan Kota Timika menjadi lebih bersih. Hal ini dikarenakan, pihaknya menyakini kalau masyarakat bisa diajak hidup bersih. Namun, perlu dibenahi infrastruktur yang ada, termasuk drainase dan lainnya.

“Saya yakin masyarakat Timika bisa hidup bersih. Tinggal sekarang melakukan pendekatan dan perbaikan fasilitas dan infrastruktur lainnya. Sehingga secara perlahan-lahan dan pasti, Timika akan menjadi lebih bersih,”ungkapnya.(Acik)
Bagikan ke Google Plus

0 komentar:

Post a Comment