Mimika Urutan Dua IPM se Papua

Bagikan ke Google Plus
Yunus Wakum
SAPA (TIMIKA) -  Kepala Badan Pusat Stastitik (BPS) Kabupaten Mimika, Yunus Wakum mengakui, Kabupaten Mimika menempati urutan ke dua dalam segi Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tahun 2016 setelah Kota Jayapura,  di mana mencapai 71,24.

Yunus ketika diwawancarai di ruang kerjanya, Rabu (21/6) mengatakan, beberapa faktor sebagai indikator meningkatnya IPM di Mimika adalah bidang pendidikan dan kesehatan yang juga mengalami peningkatan , dengan demikian angka tersebut mengalami peningkatan 0,95 persen jika dibandingkan pada 2015 lalu yang hanya berjumlah 70.89.

“Kita sendiri juga pasti bisa melihat dari segi pertumbuhan penduduk, kemudian karena pertumbuhan penduduk itu juga muncul banyak lembaga pendidikan dan juga pelayanan kesehatan, baik negeri juga Swasta,”tuturnya.

 Dijelaskan, dari faktor kesehatan misalnya, usia atau angka harapan hidup dari total jumlah penduduk di Mimika sebanyak 205.591 jiwa adalah 71,90 tahun. Artinya penduduk Mimika rata-rata hidup hingga 71,90 tahun. Sementara dari faktor pendidikan, harapan lama sekolah penduduk Mimika yaitu 11,11 tahun,  sedangkan rata-rata lama sekolah, 9,53 tahun. 

“Memang kalau dilihat dari presentase 0,95 itu sangat kecil, akan tetapi perubahannya sangat dirasahkan,”ujarnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus

0 komentar:

Post a Comment