Nelayan Dari Luar Mulai Ramai di Perairan Mimika

Bagikan Bagikan
Letkol Laut (P) Yosafat Indarto
SAPA (TIMIKA) – Kapal nelayan dari pulau Jawa belakangan ini mulai ramai beroperasi di laut Arafuru, khususnya perairan Mimika. Hal ini dibenarkan oleh pihak Lanal Timika, dengan tujuan untuk bisa memenuhi kebutuhan ikan di Kabupaten ini. 

"Nelayan dari Indramayu, Juwana, Purbalingga mulai kita tarik kesini, ikannya dibawa kesini sehingga perekonomian di sini meningkat," kata Danlanal Timika Letkol Laut (P) Yosaphat Indarto kepada wartawan, Kamis (8/6) malam.

Pihaknya memberikan atensi khusus atas perkembangan ini, terutama untuk mencegah konflik antara nelayan lokal dengan nelayan dari Pulau Jawa.

Menurutnya, hasil tangkapan kapal-kapal nelayan dari luar ini tetap diprioritaskan memenuhi kebutuhan ikan di Kabupaten Mimika. Sisanya, akan dikirim ke Pulau Jawa.

Yosaphat memastikan laut Arafuru dan perairan Mimika hingga saat ini bersih dari  praktik pencurian ikan atau ilegal fishing dari kapal-kapal asing.

"Patroli kami sendiri, yang dari Merauke maupun dari Surabaya sudah tidak menemukan kapal asing," katanya. (Markus Rahalus)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment