Pekan Depan Nasdem Buka Pendaftaran Balon Bupati-Wabup

Bagikan Bagikan
Ilustrasi
SAPA (TIMIKA) - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Nasional Demokrasi (Nasdem) Kabupaten Mimika, pekan depan akan membuka pendaftaran bagi para kandidat yang ingin maju dalam pesta demokrasi Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan berlangsung Juni 2018.

Sekretaris DPC Nasdem Mimika Daud Bunga, SH saat ditemui wartawan di bilangan Jalan Budi Utomo, Selasa (20/6) mengatakan, saat ini Nasdem sedang mempersiapkan sejumlah administrasi terkait dengan pendaftaran bakal calon nantinya. Pihaknya juga masih akan melakukan koordinasi dengan Dewan Pengurus Wilayah di Provinsi dan DPP terkait dengan petunjuk pelaksanaannya.

“DPP sudah kirim Juklaknya yang terdiri dari beberapa syarat yang mutlak dan harus dipenuhi oleh para kandidat yang ingin maju melalui Partai Nasdem nantinya,” katanya.

Setelah semua siap, maka paling tidak pekan depan Nasdem akan segera mengumumkan untuk membuka pendaftaran. Selain itu, Partai Nasdem akan membuka pendaftaran untuk umum, artinya bahwa siapa saja bisa mendaftarkan diri.

“Kita buka pendaftaran untuk umum atau siapa saja bagi yang berminat,” tambahnya.

Mengenai syarat apa saja yang akan dipenuhi oleh para kandidat yang mendaftar ke Nasdem, kata Daud, pada prinsipnya hampir sama dengan partai-partai lain, sesuai dengan ketentuan Undang-Undang  yang berlaku.

Setelah pendaftaran nantinya, Nasdem akan membentuk tim verifikasi di DPC, yang nanti akan melakukan verifikasi dan validasi administrasi. 

Kemudian yang lolos verifikasi administrasi akan langsung disampaikan kepada DPW untuk proses selanjutnya hingga ada rekomendasi dari DPP.

Sementara itu, mengenai gambaran figur yang diinginkan oleh Nasdem lanjut Daud, yang akan diputuskan bersama dengan mempertimbangkan keinginan masyarakat.  Memiliki karakter ketokohan, elektabilitasnya  tinggi, mencintai Mimika dan memiliki visi dan misi untuk membawa Mimika lebih baik. 

Selain itu juga, memiliki jiwa pengayom dan pelayan bagi masyarakat, karena Nasdem yakin bahwa banyak figur atau tokoh yang punya niat untuk bangun Mimika.

“Kalau Mimika dipimpin oleh orang yang betul-betul memiliki hati untuk Mimika, maka pembangunan akan berjalan dengan baik dan masyarakat akan lebih sejahtera,” katanya.

Untuk itu, dalam menjaring calon yang akan diusung nantinya Nasdem akan benar-benar terbuka dan transparan kepada masyarakat, sehingga masyarakat tahu siapa pemimpin yang akan dipilih. Sebab, siapapun yang diusung oleh Partai pada akhirnya yang menentukan siapa yang layak untuk memimpin adalah rakyat.

“Partai ini hanya fasilitas atau kendaraan menuju pemilihan saja. Tetapi yang menentukan  adalah rakyat,” terangnya.

Untuk penjaringan bakal calon yang akan diusung nantinya  Ketua Umum (Ketum) Nasdem sendiri tidak memiliki pesan khusus hanya saja dalam formulir yang akan disii oleh para kandidat terdiri dari 20 point.

“Syaratanya memang cukup berat, dan saya yakin  kalaupun nanti banyak yang mendaftar mungkin tidak semuanya memenuhi ketentuan Nasdem,” terangnya.

Tidak hanya bakal calon bupati dan wakil bupati, dalam penerimaan calon legislatif yang akan datang juga dilakukan secara transparan, sehingga masyarakat mengetahui siapa yang akan dipilih sebagai wakilnya.

“Caleg nanti akan kita buka secara transparan, dengan memperhatikan kader, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda dan tokoh perempuan,” katanya.

Ditambahkan, dengan kepemilikan kursi Nasdem di Parlemen saat ini sebanyak dua kursi, tentunya Nasdem, masih akan berkoalisi dengan Partai lain untuk bisa mendukung pasangan calon bupati dan wakil bupati nantinya. 

“Tetapi menunggu proses pendaftaran selesai,” katanya. (Ricky Lodar)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment