Pemkab Mimika Raih Peringkat ke-3 LPPD

Bagikan Bagikan
Bupati Eltinus Omaleng saat menghadiri rapat kerja di Pemprov Papua
SAPA (TIMIKA) -  Pemkab Mimika kembali mendapatkan piagam penghargaan dengan diraihnya peringkat ke-3 se Papua atas Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Terbaik dari 16 kabupaten/kota tahun anggaran 2015 dengan prestasi sangat tinggi dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Papua, hari ini, Rabu (7/6) .

Sebelumnya, pada Selasa (30/5) lalu Pemkab Mimika meraih Piagam Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas hasil pemeriksaan atau audit laporan keuangan daerah anggaran 2016.

Penghargaan tersebut akan diserahkan lansung oleh Direktorat Jendral (Dirjen) Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Sony Soemarsono didampingi Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe, SlP,MH., dan dilaksanakan di Sasana Krida Kantor Gubernur Papua. 

Penghargaan tersebut akan diterima langsung oleh Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE.MH., didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Sekretetaris Daerah (Sekda), Alfred Douw,  Asisten l Bidang Pemerintahan Pemkab Mimika, Kristian Karubaba, serta beberapa Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemkab Mimika seperti, Kadis PU, Kepala Bappeda, Kadispendasbud, Kadisperindag, Kaban Kesbangpol, Direktur RSUD, Kabag Pemerintahan Setda Mimika, Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Mimika.

“Semua  ini adalah hasil kerja keras dari Pemda Mimika, dalam hal ini Bupati Mimika dan seluruh jajarannya, juga dukungan dari seluruh elemen masyarakat di kabupaten mimika. Ini luar biasa, kita harus bersyukur, “ ujar Bupati Eltinus.

Bupati Eltinus menjelaskan, prestasi yang telah diraih, diantaranya  Predikat WTP dua tahun berturut-turut 2015 dan 2016 dari BPK RI Perwakilan Provinsi Papua, LAKIP dari Menpan RB, kemudian  sekarang Pemkab Mimika juga meraih prestasi yang membanggakan dan patut disyukuri  yaitu LPPD  dengan peringkat ke-3 terbaik dari 29 kabupaten/kota Se-Papua, ditambah dengan predikat "sangat tinggi".

Bukan hanya itu perdikat terbaik ke-5 juga berhasil diraih Pemkab Mimika dalam bidang kesehatan.

“LPPD ini merupakan raport bagi saya dan kita semua dalam penyelenggaraan pemerintahan selama tahun 2015,” ujarnya.

Bupati Omaleng menambahkan, bahwa apa yang pemerintah lakukan adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan visi yakni, Mewujudkan masyarakat Mimika yang aman, damai dan sejahtera berbasis sumber daya strategis. 

“Meraih prestasi ini tidaklah mudah namun mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang telah diraih merupakan tantangan di masa mendatang. Kita harus terus maju dan fokus bekerja dengan maksimal guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Mimika,”tuturnya.

Ada pun agenda yang akan dilaksanakan dalam rangkaian Rapat kerja daerah (Rakerda) Bupati/Walikota Se-Papua, tanggal 7-8 Juni 2017  yang bertemakan  ‘Mewujudkan Kemandirian dan kesejahteraan di Provinsi Papua’tersebut yakni, pembukaan akan dibuka secara resmi oleh   Gubernur Papua Lukas Enembe, SlP,MH., Kegiatan ini Dirjen Otda Kemendagri Sony Soemarsono serta Forkopimda Provinsi Papua, Bupati/walikota Se-Papua.

Dalam sambutannya Gubernur Papua mengatakan bahwa Rakerda ini merupakan forum tertinggi Pemerintah daerah di lingkup Provinsi Papua dan pemerintah kabupaten/kota Se-Papua untuk melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di provinsi Papua.

Kegiatan pada tanggal 7 Juni 2017 di isi dengan pengarahan oleh Gubernur Provinsi Papua dalam penyelenggaraan pemerintahan, program strategis Papua Bangkit, Mandiri & Sejahtera 2013-2018 di bidang infrastruktur, pendidikan, Kesehatan, ekonomi kerakyatan,  gerbang emas hasrat Papua, KPS dan prospek. (***)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment