Pencarian Korban Kecelakaan Laut Belum Membuahkan Hasil

Bagikan ke Google Plus

SAPA (TIMIKA) – Proses pencarian terhadap tiga korban kecelakaan laut diperairan Mimika oleh Tim SAR memasuki hari keempat. Namun tanda-tanda keberadaan para korban belum juga ditemukan. Pencarian Rabu (14/6) difokuskan pada dua titik wilayah, sekitar tempat terjadinya kecelakaan laut yakni perairan Kampus Biru dan muara depan Pelabuhan Paumako.

“Hari ini kami kerahkan empat perahu, yaitu dua speed boat 12 meter serta dua perahu karet di dua titik lokasi kejadian. Namun masih belum membuahkan hasil. Sampai tadi petang masih nihil," kata Kepala Kantor SAR Timika Makhfud, SH saat dikonfirmasi Rabu malam.

Kecelakaan laut pertama terjadi di perairan sekitar Kampus Biru, yang mana mengakibatkan dua penumpang long boat yang terbalik hilang, Aliansyah dan Abu Buchori. Selanjutnya tabrakan perahu nelayan di muara depan Pelabuhan Paumako, peristiwa itu juga mengakibatkan seorang nelayan bernama Ardi hilang.

Makhfud menjelaskan upaya pencarian oleh tim SAR pada hari keempat (Rabu 14/6) dimulai sejak Pukul 07.00 WIT hingga 16.00 WIT. Dimana upaya pencarian itu juga diikuti oleh kerabat keluarga para korban.

“Kondisi cuaca di laut hari ini lumayan berat karena ombak yang masih tinggi, sekitar tiga hingga empat meter,” kata Makhfud.

Para korban yang hilang sejak hari Minggu (11/6) dan Senin (12/6) malam menurut Makhfud, kemungkinan besar jika meninggal jasad mereka sudah mengapung di permukaan laut.

Regu penyelamat dari Kantor SAR Timika beserta kerabat dan keluarga korban yang tergabung dalam tim SAR, masih akan terus melakukan upaya pencarian dan penyisiran hingga beberapa hari ke depan, yang sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) adalah satu minggu sejak hari pertama kejadian.

“Kalau masih nihil berarti proses pencarian kita hentikan. Kami tetap berupaya maksimal agar dalam waktu satu dua hari ke depan para korban bisa ditemukan. Kasihan keluarga korban. Mohon doa dari semuanya,” tutur Makhfud. (Markus Rahalus)
Bagikan ke Google Plus

0 komentar:

Post a Comment