Pengerukan Sungai KM 10 Telah Selesai

Bagikan Bagikan
Pengerukan sungai di Kilometer 10
SAPA (TIMIKA) - Kepala Seksi Pembangunan Irigasi Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Mimika, Niko mengatakan pengerukan sungai sepanjang 3000 meter di Kilo Meter (Km) 10 telah selesai dikerjakan.

"Tiga kilometer sesuai dengan Penyedia Hasil Kerja dari DPU sudah 100 persen diselesaikan oleh kontraktor," kata Niko kepada Salam Papua usai meninjau pekerjaan di lokasi pengerukan, Km 10, Sabtu (3/5).

Niko mengatakan, pengerukan ini dilakukan  untuk menanggulangi bencana banjir yang sebelumnya kerap terjadi di lokasi tersebut.

Dijelaskan, pekerjaan ini dilakukan berdasarkan Surat Perintah Bupati Mimika Eltinus Omaleng, yang mana pada 2016 lalu tidak ada rencana normalisasi dalam draft kerja DPU, akan tetapi karena melihat kondisi warga yang sering terkena banjir, olehnya itu pengerukan ini dilakukan.

"Untuk pengerjaannya tidak dianggarkan sebelumnya di tahun 2016. Ini karena kami  berkomitmen untuk selamatkan warga pesisir dari banjir," tutur Niko.

Ia mengungkapkan, berdasarkan kesepakatan, 3 km yang telah dikerjakan terdiri dari 2 km normalisasi dan pengerukan, sedangkan 1 km pelebaran sungai.

"Tahun 2017 sudah dijanjikan oleh Bupati untuk diselesaikan dan dilunasi," ungkapnya.

Kata Niko, seharusnya pengerjaan ini sampai 5 km, tapi hanya dikerjakan 3 km sesuai dengan pembiayaan dari DPU. Untuk 2 km yang belum dikerjakan, Dinas PU dan kontraktor masih menunggu kebijakan berikutnya dari Bupati Mimika.

Peninjauan lokasi pengerukan dan pelebaran sungai diawali di titik  3000 meter dan berakhir di titik 0 meter. Peninjauan diikuti oleh beberapa pegawai Dinas PU dan pihak kontraktor. (Anya Fatma)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment