PFI Berbuka Puasa Bersama Jajaran Kejari Timika

Bagikan Bagikan
Suasana Buka Pausa Bersama PFI Timika dan Kejari Timika
SAPA (TIMIKA) - Wartawan yang berhimpun dalam wadah organisasi profesi Pewarta Foto Indonesia (PFI) Timika berbuka puasa bersama jajaran Kejaksaan Negeri (Kejari) Timika di Rumah Makan Waroeng Kampoeng, Jalan Budi Utomo, Sabtu (10/6).

Selain menyambung tali silaturahmi, ajang berbuka puasa ini menjadi media konsolidasi perdana rencana kerjasama PFI Timika dan Kejari Timika dalam momentum Hari Bhakti Adhyaksa, dan Hari Anak Nasional pada Juli mendatang.

Meski Timika masih tergolong kota kecil, namun kasus kekerasan terhadap anak dalam arti luas terbilang tinggi. Masalah ini menjadi perhatian serius Kejari dan PFI Timika. 

Dari sisi penegakan hukum, para pelaku sebenarnya telah diganjar hukuman maksimal. Namun pola ini belum mampu menurunkan secara signifikan jumlah kasus. 

"Berarti ada masalah. Ini harus menjadi perhatian semua pihak. Harus ada pola baru dan segar untuk memecahkan persoalan ini," kata Kajari Timika, Alex Sumarna SH., MH.

Ia menyebutkan, kasus kekerasan pada anak tidak mengenal kelompok suku dan agama. Kasus ini merata pada semua kelompok masyarakat. Para pelaku biasanya adalah kerabat dekat, paling minimal kenal dengan korban.

Setelah berdiskusi cukup panjang, Kejari dan PFI Timika sepakat menggalang kerja sama mengadakan suatu forum diskusi publik yang lebih cair dan melibatkan semua pihak yang berkepentingan. Bahkan kalau perlu menghadirkan korban atau keluarganya untuk memberikan testimoni.

Dalam forum diskusi publik ini, PFI Timika bertugas menyiapkan materi visual dan audio visual yang menggambarkan fakta-fakta kekerasan anak di Kota Timika.

"Intinya, harus ada yang dilakukan untuk menyelamatkan anak-anak kita," kata Alex. (Anya Fatma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment