PHBI Mimika Akan Menggelar Takbir Keliling

Bagikan Bagikan

SAPA (TIMIKA) - Sebagai bentuk kegembiraan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438 H, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Mimika akan menggelar pawai takbir keliling.

Pelaksanaan pawai takbir keliling akan dipusatkan di lapangan Timika Indah, pada Sabtu (24/6) dengan mengambil rute Lapangan Timika Indah, Jalan Budi Utomo, Cenderawasih, Yos Sudarso, Hasanuddin, Budi Utomo, dan kembali lagi ke Lapangan Timika Indah.

Pawai takbir keliling ini dilaksanakan, setelah dilakukan pertemuan antara Polres Mimika, TNI, Brimob, PHBI, MUI, FKUB, dan beberapa ormas yang dipimpin Kabag Ops Polres Mimika, Kompol I Nyoman Punia di Pusat Pelayanan Polres Mimika.

"Dari hasil pertemuan dengan pihak keamanan, kami sepakat menggelar pawai takbir keliling pada Sabtu (24/6) malam, dengan pusat di Lapangan Timika Indah," kata Ketua PHBI Mimika, La Itam Gredenggo, Kamis (22/6) di Pusat Pelayanan Polres Mimika.

Kata dia, pada pawai takbir keliling tahun ini, pihaknya tidak mengadakan lomba kreasi kendaraan. Namun tidak mengurangi kemeriahan takbir keliling. Hal ini terbukti beberapa Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) sudah siap untuk memeriahkan takbir keliling, menyambut Idul Fitri 1438 H.

"Kendaraan roda empat dan dua akan ikut ambil bagian pada takbir keliling. Namun, kami imbau untuk tidak menggunakan knalpot racing, karena akan mengganggu kelancaran takbir keliling,"tuturnya.

Sementara Kabag Ops Polres Mimika, Kompol I Nyoman Punia ditempat yang sama mengatakan, takbir keliling ini dilaksanakan karena berbagai pertimbangan. Dimana dari hasil pertemuan yang menyampaikan, kalau tidak dilaksanakan takbir keliling yang dikoordinir oleh PHBI, maka akan ada takbir liar. Dan ini tentunya lebih akan lebih rawan dan mengganggu Kamtibmas.

"Hasil dari pertemuan, takbir keliling yang digelar oleh PHBI Mimika tetap dilaksanakan,"kata Kabag Ops.

Walaupun demikian, kata Kabag Ops, pihaknya meminta kepada PHBI untuk mensosialisasikan ke  ormas Islam, bahwa yang lebih diutamakan adalah roda empat dibandingkan roda dua. Apalagi roda dua tersebut menggunakan knalpot racing. Sehingga kalau pihaknya mendapatkan roda dua menggunakan knalpot racing, akan diamankan.

"Saya minta PHBI untuk sosialisasikan tentang knalpot racing, baik di khotbah Jumat atau yang lain. Ini dilakukan untuk menjaga kamtibmas tetap kondusif,"kata Kabag Ops.

Ia menambahkan, intinya Polres Mimika yang didukung TNI, Brimob, FKUB, KKJB, dan ormas lain yang​ jumlahnya sekitar 800 personil, siap mengamankan takbir keliling sampai dengan pelaksanaan Sholat Idul Fitri nanti.

"800 personil siap mengamankan pelaksanaan lebaran, mulai tiga tempat besar, yakni Lapangan Timika Indah, Kuala Kencana, dan Tembagapura, ditambah 57 masjid di Kota Timika dan sekitarnya. Namun demikian, kami minta dukungan kepada semua pihak untuk berpartisipasi dalam menjaga kamtibmas di daerah ini tetap kondusif," ungkapnya.(Red)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment