Polda Papua Laksanakan Operasi Ramadniya Matoa 2017

Bagikan ke Google Plus
Penyematan pita Operasi Ramadniya Matoa 2017 oleh Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar.
SAPA (TIMIKA) - Berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor : STR/285/V/2017 Tanggal 19 Mei 2017 tentang Rencana Gabungan Operasi Ramadniya 2017 Pengamanan Idul Fitri 1438 Hijriah, Polda Papua beserta Polres jajaran dengan didukung instansi terkait dan mitra kamtibmas lainnya melaksanakan Operasi Kepolisian Terpusat dengan nama Operasi Ramadniya Matoa 2017.

Berdasarkan siaran pers Subbid Penmas Bidang Humas Polda Papua yang diterima Salam Papua, Senin (19/6), menjelaskan, hari raya Idul Fitri yang diawali dengan datangnya bulan Ramadhan bukan hanya merupakan kegiatan ibadah dan perayaan keagamaan bagi umat Islam, akan tetapi sudah berkembang sebagai bagian dari tradisi atau budaya bangsa Indonesia. Sehingga datangnya bulan Ramadhan akan diikuti dengan kegiatan ibadah puasa dan sholat tarawih menjelang Idul Fitri, terjadi peningkatan aktivitas masyarakat untuk kegiatan belanja, mudik ke kampung halaman dan takbiran serta sholat Idul Fitri.

Peningkatan aktivitas masyarakat untuk merayakan Idul Fitri mempunyai implikasi pada banyak aspek, seperti meningkatnya mobilitas pergerakan perpindahan orang dan barang dari satu tempat ke tempat lainnya yang dapat menyebabkan masalah bagi situasi Lalu Lintas. Kondisi seperti ini tidak dapat dihindari, karena berbagai permasalahan yang menyertai seperti kondisi jalan menyempit (bottle neck), tanjakan, turunan dan tikungan tajam, perbaikan jalan dan jembatan yang belum selesai, pasar tumpah, pengguna jalan yang kurang disiplin, kepadatan kendaraan menuju lokasi wisata/rekreasi, kepadatan kendaraan di Terminal, Pelabuhan dan Bandara.

Selanjutnya dampak lain yang perlu diantisipasi dalam menghadapi Idul Fitri adalah meningkatnya gangguan Kamtibmas dan Kriminalitas dikarenakan aktivitas masyarakat dalam melaksanakan ibadah puasa, takbiran, sholat Idul Fitri, kegiatan belanja, mudik, balik, rekreasi atau wisata serta kegiatan distribusi bahan pokok BBM dan gas.

“Hari raya Idul Fitri 1438 H yang jatuh pada tanggal 25 Juni 2017 akan disertai dengan peningkatan arus mudik masyarakat ke kampung halaman, puncak mudik lebaran menggunakan Moda transportasi diperkirakan akan terjadi pada H–5 dan arus balik pada H+3,” jelas Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal dalam siaran pers yang diterima.

Maka dari itu, dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah Polda Papua beserta Polres jajaran dengan didukung instansi terkait dan mitra kamtibmas lainnya melaksanakan Operasi Kepolisian Terpusat dengan nama Operasi Ramadniya Matoa 2017.

“Operasi tersebut di mulai pada tanggal 19 Juni sampai dengan 04 Juli 2017, dan akan dilaksanakan di seluruh wilayah Provinsi Papua dalam bentuk operasi pemeliharaan keamanan dengan mengedepankan kegiatan Preemtif, Preventif dan Penegakkan Hukum yang didukung kegiatan Kuratif dan Rehabilitasi dalam rangka pengamanan kegiatan Idul Fitri 1438 Hijriah, sehingga masyarakat dapat merayakan Idul Fitri 1438 H dengan rasa aman dan nyaman,” katanya.

Terkait pelaksanaan ini, Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Boy Rafli Amar, MH mengeluarkan instruksi yang berbunyi :

Operasi Ramadniya Matoa 2017 tingkat kewilayahan disesuaikan dengan situasi dan karakteristik wilayah masing-masing;

Titik berat Operasi Ramadniya Matoa 2017 lebih bernuansa kemanusiaan dengan memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat. Oleh karena itu, hindari tindakan over acting dan perilaku arogan anggota Polri yang dapat menimbulkan antipati masyarakat;

Seluruh petugas pelaksana Operasi Ramadniya Matoa 2017 menggunakan Pakaian Dinas Lapangan (PDL) dan pita warna biru putih pada bahu lengan kiri;

Dan melaksanakan koordinasi dan kerja sama dengan Instansi Lintas Sektoral terkait maupun Mitra Kamtibmas lainnya untuk suksesnya Operasi Ramadniya Matoa 2017.

Senin pagi sekira Pukul 07.30 WIT, Kapolda Papua memimpin langsung Apel gelar Pasukan Operasi Ramadniya Matoa 2017 dilapangan apel Mako Brimob Polda Papua. Apel ini mengambil tema “Melalui apel gelar Pasukan Operasi Ramadniya Matoa 2017 kita tingkatkan sinergi Polri dengan instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada Perayaan idul Fitri 1438 Hijriah. (Markus Rahalus)
Bagikan ke Google Plus

0 komentar:

Post a Comment