Rekrut Guru Honor SMA/SMK Harus Sepengetahuan Pemkab

Bagikan ke Google Plus
Armin Wakerkwa
SAPA (TIMIKA) – Kepala Dinas Pendidikan Menengah (Dispenmen) Kabupaten Mimika, Armin Wakerkwa mengatakan, seluruh Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan (SMA/SMK) se-Mimika tidak diperbolehkan merekrut tenaga guru honor tanpa sepengetahuan Pemerintah Kabupaten (Pemkab), yang meliputi Bupati dan Kadispenmen.

“Itu hanya bisa disepakati dari Bupati dan dilimpahkan ke setiap SKPD termasuk Dispenmen. Jadi jangan menerima berdasarkan keinginan sendiri. Itu harus diketahui pemerintah,”ujar Armin saat diwawancarai di ruang kerjanya, Rabu (7/6).

Diakui, jika suatu sekolah membutuhkan guru seharusnya tetap melaporkan kepada dinas dengan alasan, bahwa sekolah bersangkutan membutuhkan guru untuk mengajar mata pelajaran tertentu. Sehingga dinaspun bisa mengeluarkan SK dan mengakui  pengangkatan guru yang bersangkutan, dengan demikian guru tersebut pun sepenuhnya akan digaji Pemkab, sebab namanya sudah sah.

“Jadi kalau ada Kepsek, Kabid dan Kasi di dinas yang terima tenaga honor , maka mereka sendiri yang bertanggungjawab untuk menggaji yang bersangkutan,”tuturnya.

Selain penerimaan guru honor, menurut Armin penerimaan dan pengeluaran anggaran dalam bentuk apapun harus dimulai dengan prosedur yang sah, yakni harus melalui keputusan setiap pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Dijelaskan, dirinya menginginkan bidang pendidikan harus berjalan dalam jalur yang telah diatur secara nasional. Dalam artian, jika Surat Keputusan (SK) Bupati dan Kepala Dinas sudah ditandatangan, maka yang lain dari itu sangat tidak diperbolehkan. 

Kata Dia, penerimaan tenaga honor harus disesuaikan dengan ketersediaan anggaran Pemkab. “Jangan sembarang terima karena kalau Pemkab tidak mau tanggung, sekolah bersangkutan mau bayar pakai apa?,”tuturnya.(Acik)
Bagikan ke Google Plus

0 komentar:

Post a Comment