Ribuan Muslim Mimika Semarakkan Pawai Takbir Keliling

Bagikan Bagikan
Ribuan Umat Muslim Mengikuti Takbir Keliling
SAPA (TIMIKA) - Ribuan umat Muslim di Kabupaten Mimika, pada Sabtu (24/6) malam memadati Lapangan Timika Indah untuk ikut menyemarakkan pawai takbir keliling yang digelar oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Mimika.

Pawai takbir keliling diawali dengan doa yang dipimpin Ketua MUI Mimika M Amin AR,S.Ag dan dibuka oleh Bupati Mimika, Eltinus Omaleng yang diwakili Asisten III Setda Mimika, Lopianus Fuakubun mendapatkan pengawalan dari aparat gabungan. Dimana rute pawai takbir keliling, yakni Lapangan Timika Indah, Jalan Budi Utomo, Cenderawasih, Yos Sudarso, Hasanuddin, Budi Utomo, dan kembali ke Lapangan Timika Indah.

Selama dalam pawai, peserta takbir keliling mengumandangkan takbir, tahlil, dan tahmid sebagai bentuk pujian kepada Allah SWT, setelah selama satu bulan penuh menjalankan ibadah puasa.

Asisten III, Lopianus Fuakubun dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan takbir keliling ini merupakan suatu kebanggaan yang harus disyukuri oleh seluruh Umat Muslim Mimka. Karena sebelumnya telah melewati kurang lebih selama 30 hari menjalankan ibadah Puasa.

Selain itu, kata dia, pelaksanaan takbiran bukan sekedar wacana untuk bersenang-senang, namun harus bisa mengambil makna mulia. Dan gema takbir tidak hanya dikumandangkan di Mimika, tetapi di seluruh pelosok dunia. Dan ini bertujuan untuk mendapatkan kemurahan rahmat dan ampunan. Takbiran ini juga menunjukkan kemenangan umat Muslim yang telah melakukan perjuangan besar yakni, berpuasa menahan lapar, dahaga, memerangi hawa nafsu dan juga menahan diri dalam sikap dan tutur kata serta prilaku yang tidak terpuji. Serta meningkatkan ibadah kehadirat Allah melalui amal bahkti kepada sesama manusia.

"Esok hari umat Muslim akan bersama-sama merayakan Sholat Idul Fitri 1438 H, dan dilanjutkan dengan silaturahmi. Ini bertujuan untuk meningkatkan iman dan takwa dan membina kerukunan hidup antar umat beragama. Dimana ini jadi modal utama dalam pembangunan daerah termasuk dalam mengatasi berbagai upaya problematika yang dialami sekarang ini,"ungkapnya.

Sedangkan Ketua PHBI Mimika, Laitam Gredenggo mengatakan, takbir keliling dilaksanakan sebagai tanda syukur kepada Allah SWT atas penyelenggaraan selama menjalankan ibadah Puasa. Serta sebagai kesempatan menyatukan semua masyarakat muslim, agar bisa diajak untuk menjaga situasi keamanan dan meningkatkan toleransi antara sesama umat manusia di Mimika.

"Ini malam puncak untuk merayakan hari kemenangan, karena itu kita harus bersyukur. Melalui takbir keliling, kita harus tunjukan bahwa kita bisa menjaga keamanan dan ketertiban di Mimika dalam membantu aparat keamanan. Kita rayakan ini dengan penuh kedamaian tanpa harus merugikan orang lain dan juga diri sendiri. Semoga kita dipenuhi berkah yang melimpah,"tutur Gredenggo. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment