Siswi SMP YPJ Kuala Kencana Juara OSN Tingkat Provinsi

Bagikan Bagikan
Ilustrasi
SAPA (TIMIKA) – Siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) Yayasan Pendidikan Jayawijaya (YPJ) Kuala Kencana atas nama Deby Toba, berhasil meraih peringkat satu Olimpiade Sains Nasional (Sains) bidang studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) tingkat Provinsi yang digelar beberapa bulan lalu di Jayapura.

Kepala Seksi Kurikulum Dinas Pendidikan Dasar dan Kebudayaan (Dispendasbud) Kabupaten Mimika, Manto Ginting mengatakan, juara yang diraih Deby tahun ini merupakan kedua kalinya untuk Mimika, setelah sebelumnya diraih oleh Siswi dari SMP Shining Star Timika di tahun 2016 lalu.

“Ini kedua kalinya kita raih juara. Ini hasil keseriusan dari pihak sekolah dalam menuntun anak-anak berdasarkan bidang studi yang cendrung ditekuni setiap siswa,”ujarnya saat ditemui di SD Inpres Koperapoka, Kelurahan Kwamki Baru, Jumat (2/6).

Ia menjelaskan, dengan diraihnya OSN IPS se-Papua, Deby akan dikirim mewakili Papua di ajang OSN tingkat Nasional di Riau yang dilaskanakan tanggal 1 hingga 8 Juni.

Ia menambahkan, dalam OSN di Jayapura mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) serta Matematika  diungguli oleh dua Siswa di Jayapura dengan sekolah asal berbeda. Dengan demikian kedua siswa tersebut pun akan bersama-sama dengan Deby, mengikuti tingkat nasional.

Manto menjelaskan, sebelumnya Dinas dan masing-masing sekolah sudah bersama-sama berkomitmen untuk mempersiapkan seluruh siswa dalam mendorong tingkat kematangan setiap siswa untuk menekuni bidang studi tersebut. Sebab selain untuk mengikuti OSN, namun juga bertujuan untuk mengetahui arah pendidikan selanjutnya untuk setiap siswa tersebut.

“Pola mendidik anak itu memang harus betul-betul mendukung secar khusus, bidang studi apa yang paling ditekuni siswa tersebut. Kalau misalnya dia pintar matematika, itu berarti dia bisa dikuliahkan pada fakultas kedokteran,” ujarnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment