SMP YPJ Tembagapura Peringkat 1 UNBK se-Papua

Bagikan Bagikan
Ilustrasi
SAPA (TIMIKA) – Berdasarkan penilain secara online yang dilakukan Panitia Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Provinsi Papua terkait nilai rata-rata siswa hasil UN  sekolah-sekolah yang telah melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Selasa (2/5) lalu, menentukan SMP Yayasan Pendidikan Jayawijaya (YPJ) Tembagapura masuk peringkat 1 dengan jumlah nilai mencapai 241, 69.  Sedangkan YPJ Kuala Kencana meraih peringkat 3 dengan jumlah nilai 239,62.

Kepala Seksi Kurikulum Dispendasbud Mimika sekaligus ketua panitia pelaksanaan UN SMP se-Mimika, Manto Ginting, Jumat (2/6), mengakui peringkat tersebut dinilai dari hasil ujian seluruh peserta. 

“Untuk penilaiannya itu dilakukan di Provinsi, sehingga setelah selesai melaksanakan ujian secara otomatis langsung di konek ke server di provinsi. Dari situ mereka melihat dan menilai dan ternyata YPJ Tembagapura juara 1 dan YPJ Kuala juara 3,” ungkap Manto.

Jika dalam satu sekolah terdapat lebih dari 20 siswa yang mengikuti UNBK, dan hasil kerja soal setiap siswa mencapai standar penilaian untuk mata pelajaran UN seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam (IPA), maka selanjutnya dijumlahkan. Dengan demikian menurut Manto, setiap siswa peserta UNBK di SMP YPJ Tembagapura berhasil mengerjakan soal dengan standar nilai rata-rata bagus jika dibandingkan dengan SMP lain se-Papua.

Sedangkan untuk peringkat per siswa menurut Manto, Mimika masuk dalam urutan sepuluh besar, yakni peringkat 3, 4 dan 6. 

“Cuma saya tidak ada data sekolah dan siswa secara terperinci, tetapi sudah diumumkan dari provinsi bahwa untuk peringkat per siswa Mimika hanya dapat peringkat 3, 4 dan 6 saja,” ujarnya. 

Sedangkan untuk hasil ujian bagi sekolah yang melaksanakan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP), Manto mengakui tidak ada lagi rekapan untuk peringkat, sebab pemeriksaan hasil ujian langsung dilakukan oleh masing-masing sekolah, sehingga pihak dinas hanya menunggu hasil kelulusannya saja.

“UNKP itu sekolah sendiri yang lakukan pemeriksaan. Untuk tahun ini kita hanya khususkan menerima hasil ujian yang melalui penjaringan online saja, yaitu UNBK,” katanya. (Acik Nasma) 
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment