Tahapan Pemilukada Sudah Dekat, KPUD Mimika Belum Ada Anggaran

Bagikan Bagikan
Theodora Ocefina Magal,
SAPA (TIMIKA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Mimika Theodora Ocefina Magal, S. KM mengakui bahwa, saat ini pihaknya belum bisa memulai kegiatan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) 2018, dikarenakan belum ada anggaran.

"Tentunya sekarang kami masih terkendala dengan anggaran. Besok (Kamis 15/6) pusat sudah launching tahapan Pemilu, dan kegiatan kami sudah harus jalan. Sementara Perjanjian Hibah Daerah (PHD) untuk beberapa propinsi kabupaten dan kota sudah ada, sedangkan Mimika belum," kata Ocefina saat ditemui wartawan di Kantor KPUD Mimika, Jalan Yos Sudarso, pada Selasa (13/6).

Menurutnya, pihaknya tidak berani mengambil keputusan untuk memaksakan jalannya kegiatan atau pun tahapan Pemilukada, sebab belum mengetahui secara pasti berapa besar anggaran yang disetujui Pemerintah kepada KPUD Mimika.

"Kita tidak bisa asal jalan karena nominal PHDnya harus jelas dulu. PHD inikan harus tahu nilai nominalnya berapa dari yang kita ajukan dan itu sebagai dasar. Mau berapa kali pencairan itu silahkan yang penting PHD harus jelas dulu berapa," ungkapnya.

Diakui, sudah ada beberapa kabupaten kota yang sudah selesai melakukan PHD, namun untuk Mimika sendiri dirinya belum memiliki pandangan. 

"Dari beberapa kabupaten, Timika masih belum ada gambaran sama sekali. Saya tidak tahu dari tujuh kabupaten di Papua berapa kabupaten yang sudah menandatangani PHD. Yang saya tahu itu Puncak dan Ilaga sudah. Harusnyakan lewat pembahasan APBD dan apabila menggunakan Perbup sekretaris KPU harus diundang," ungkapnya. (Ricky Lodar)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment