Tahun Ini Pemkab Mimika Tak Gelar Safari Ramadhan

Bagikan Bagikan
La Itam Gredenggo
SAPA (TIMIKA) - Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Mimika, La Itam Gredenggo memastikan bahwa, tahun ini tidak ada Safari Ramadhan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika yang digelar seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Kita sudah lakukan rapat bersama panitia, dan hanya ada kegiatan buka puasa  bersama TNI, Polri dan masyarakat,” kata La Itam saat ditemui usai mengikuti rapat panita buka puasa bersama Pemkab, di lantai 3, Gedung Sentra Pemerintahan,  Jalan Cenderawasih, Poros SP 3, Jumat (9/6).

Menurutnya, PHBI hanya merupakan perpanjangan tangan dari Pemkab Mimika ketika melaksanakan kegiatan Safari Ramadhan.

 “Memang di tahun-tahun sebelumnya kami ikut bekerjasama dengan Pemda Mimika, sehingga PHBI hanya sebagai perpanjangan tangan dalam melaksanakan Safari Ramadhan,” ujarnya.

Dijelaskan, Safari Ramadhan merupakan rangkaian yang biasa dilakukan sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat, dengan memberikan beberapa bantuan yang berlangsung pada Bulan Suci Ramadhan. Akan tetapi, jika memang tidak bisa diagendakan, maka hal tersebutpun bukan menjadi masalah.

"Kami ini perpanjangan tangan dari Pemerintah saja. Tidak apa-apa juga hal itu tidak dilakukan karena tidak ada kewajiban. Kalau sudah ada buka puasa bersama itu sama saja,"tuturnya.

Meski tidak ada Safari Ramadhan, namun PHBI tetap akan melaksanakan kegiatan Sholat Ied seperti di tahun sebelumnya, sebab ibadah sholat Ied merupakan sholat wajib pada puncak perayaan Idul Fitri nanti.

“Kalau sholat Ied tetap kita PHBI sebagai penanggung jawab, dan tetap akan kita laksanakan di Lapangan Timika Indah, karena itu wajib hukumnya”ujarnya.

Meskipun kegiatan Safari Ramadhan tidak ada, namun ia berharap, dengan adanya kegiatan buka puasa bersama yang akan dihadiri oleh gubernur tersebut akan bisa menjalin makna kebersamaan dan silaturahmi menjelang perayaan Idul Fitri.

“Setidaknya kegiatan buka puasa bersama ini secara menyeluruh, dan mungkin nanti di dalam buka puasa ini akan ada silaturahmi dari gubernur untuk masyarakat yang hadir,”ujarnya.(Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment